Strategi Cepat Kaya 1 – Menyimpan Lebih Banyak

Strategi cepat kaya pertama adalah menyimpan lebih banyak uang untuk diinvestasikan kepada kekuatan bunga majemuk. Saya tahu ini memang bukan jawaban yang anda inginkan. Anda mungkin berharap saya akan memberikan tips investasi ajaib yang akan membuat anda menjadi seorang miliarder atau triliuner di tahun depan.

Untuk menjadi cepat kaya dengan menjadi seorang investor harus memiliki dua hal:

  • Modal investasi yang besar
  • Strategi investasi yang tepat.

Banyak orang yang mengajarkan berbagai strategi investasi yang luar biasa tapi lupa mengajarkan bagaimana menyimpan uang lebih banyak untuk menjadi cepat kaya.

Karyawan / Buruh Cuci Bisa Jadi Orang Kaya

Terlahir miskin adalah nasib, kita tidak bisa mengubah hal tersebut. Mati dalam keadaan miskin adalah kesalahan kita.

Apakah anda seorang karyawan? Teodore Johnson seorang karyawan level biasa yang memiliki kekayaan 70 juta usd.

Apakah anda seorang tukang cuci? Oseola McCarty adalah seorang tukang cuci yang berhasil menjadi kaya bahkan bisa memberikan donasi 150.000 usd.

Apakah anda seorang mahasiswa yang putus kuliah karena tidak memiliki biaya? Sir John Templeton adalah orang yang memiliki nasib sama dengan anda dan dia memiliki kekayaan miliaran usd.

Baca juga : Formula Ajaib Investasi

Kunci 3 orang itu adalah sama : menyisihkan penghasilannya secara disiplin dan berinvestasi pada kekuatan bunga majemuk sehingga akhirnya mereka menjadi kaya.

- Advertisement -

Ya cuma itu rahasianya, simpel bukan.

Bagaimana Cara Menyimpan Lebih Banyak

Anda harus memiliki komitmen untuk menyisihkan sekian persen dari penghasilan anda. Mau itu 10%, 20%, 30% atau 50%, semakin besar penghasilan yang anda sisihkan maka anda menjadi lebih cepat kaya. Semua orang tentu mengerti hal tersebut.

Yang menjadi permasalahan adalah, saya tidak bisa menabung. Penghasilan saya terlalu kecil dibandingkan pengeluaran saya. Saya tidak bisa menabung.

Coba evaluasi pengeluaran anda, apakah semua pengeluaran anda tidak bisa dikurangi? Mungkin kopi kekinian anda bisa digantikan kopi sachet yang lebih murah. Mungkin biaya membership gym yang jarang anda datangi bisa digantikan jogging tiap pagi di komplek rumah anda. Atau mungkin berhenti membeli baju baru tiap bulan untuk tampil bagus padahal anda tidak pernah mendapatkan penghasilan endorse dari social media anda.

Tapi jika penghasilan anda begitu kecilnya sampai tidak ada yang bisa ditabung, maka anda perlu mencari penghasilan tambahan. Intinya anda harus putar uang bagaimana cara mendapatkan uang untuk ditabung. Itu masalah anda bukan masalah saya.

Tapi saya akan memberikan sebuah solusi untuk menambahkan uang yang ditabung tanpa membuat anda bertambah sengsara. Solusi ini dibuat oleh Shlomo Bernartzi dan Richard Thaler yang merupakan pemenang nobel ekonomi. Solusi ini disebut dengan SMarT (Save More Tomorrow). Strategi ini benar-benar bagus untuk membantu anda cepat kaya.

Inti dari solusi ini adalah setiap ada penambahan penghasilan anda, maka anda harus menambah porsi uang yang diinvestasikan. Jadi misalkan saat ini anda bisa menabung 3% dari penghasilan anda. Tahun depan anda naik gaji 10% maka anda menambahkan porsi tabungan anda menjadi 6%. Lakukan strategi itu terus menerus maka porsi tabungan anda akan bertambah besar tanpa membuat anda sengsara karena anda tetap bisa menikmati penambahan jumlah uang untuk dihabiskan.

Baca juga : Save More Tomorrow – Cara Menabung Mudah

Mengurangi Hutang

Hutang adalah porsi biaya paling besar, mengikat kita dalam jangka panjang dan semakin parah jika kita lalai.

Salah satu masalah terbesar orang tidak bisa menabung adalah karena besarnya cicilan hutang. Sehingga kita perlu memiliki strategi bebas hutang untuk membuat kita menjadi cepat kaya.

Biasanya orang memiliki hutang sebagai berikut:

  • Hutang kredit rumah
  • Hutang kredit kendaraan bermotor
  • Hutang kredit untuk gadget dan barang mewah lainnya.

Selain hutang kepada IMF (Istri, Mertua, Friend) maka tidak ada yang namanya hutang tanpa biaya bunga.

Akan ada beberapa orang yang protes karena mereka merasa membeli handphone dengan cicilan 0% selama satu tahun. Apakah anda merasa seperti itu juga?

Saya memang bukan penyuka gadget, sehingga saya tidak rela membeli handphone dengan harga mahal. Handphone yang saya gunakan adalah Honor 8X dan saya beli ketika baru launching. Harga launchingnya waktu itu di 4 juta rupiah. Saya pergi ke roxy, saya sudah datang ke salah satu retail elektronik terbesar disana. Tapi karena hari pertama launching dan permintaan banyak. Toko kekurangan barang ketika itu dan karena saya tidak suka menunggu akhirnya saya keluar dari toko tersebut.

Ketika mau berjalan ke parkiran, ada SPG outlet HP yang panggil saya. Saya iseng tanyakan, dan saya kaget dia memberikan penawaran kepada saya Honor 8X itu seharga 3,8 juta kepada saya. Saya tanya apakah saya akan mendapatkan bonus yang sama dengan saya membeli di retail elektronik besar itu. SPG itu menjawab ya. Akhirnya saya deal dan bayar. Hal yang gila adalah, saya dibawa oleh SPG itu ke retail elektronik besar tersebut untuk mengambil bonusnya.

Saya tergelitik tanya, apakah saya bisa cicil satu tahun. SPG itu menjawab bisa, tapi kena biaya transaksi 3%. Kurang lebih harga yang sama(lebih murah sedikit) dibandingkan membeli di toko retail besar itu. Jadi cicilan 0% hanyalah akal – akalan saja dimana harga sudah dinaikan terlebih dahulu dengan biaya cicilan anda. Memang tidak ada hutang yang tidak perlu bayar bunga.

Bagaimana Jika Sudah Terlanjur Terlilit Hutang?

The ABC's of Getting Out of Debt
The ABC’s of Getting Out of Debt

Sejujurnya saya bukan ahli di bidang ini, karena saya bukan yang menerapkan ilmu yang akan saya tuliskan.  Saya mengutip tips singkat dari buku “The ABC’s of Getting Out of Debt” yang dikarang oleh Garret Sutton yang merupakan salah seorang penasihat keuangan Robert Kiyosaki.

Garret Sutton menyarankan 10 langkah yang harus dilakukan untuk kita bisa bebas dari lilitan hutang kita:

  1. Berhenti akumulasi hutang macet. Anda adalah orang gila jika masih nekat menambah hutang konsumtif jika anda sudah sampai taraf kesulitan keuangan.
  2. Buatlah daftar dari semua hutang anda, terutama hutang konsumtif.
  3. Disamping tiap hutang tersebut, tambahkan tiga kolom: jumlah hutang, pembayaran bulanan minimum, jumlah bulan pelunasan.
  4. Urutkan hutang dari jumlah bulan pelunasan terendah hingga tertinggi.
  5. Cari penghasilan tambahan $150 – $200. Itu bukan angka yang besar saat ini, anda bisa berjualan online di e-commerce atau memberikan jasa anda di fiverr, skill academy dan banyak media lainnya.
  6. Bayarkan jumlah minimum cicilan setiap bulannya, kecuali yang anda berikan urutan nomor 1. Untuk yang urutan nomor 1 tambahkan pembayaran cicilan dengan tambahan penghasilan 150-200$ yang anda dapatkan. Lakukan terus sampai hutang urutan nomor satu itu lunas
  7. Selamat anda sudah terbebas dari satu hutang anda.
  8. Ulang lagi langkah yang persis sama, yaitu bayar jumlah minimum cicilan tiap bulannya. Kecuali yang anda berikan urutan nomor 2. Untuk yang urutan nomor 2 tambahkan pembayaran cicilan degnan tambahan penghasilan 150-200$ anda. Lakukan terus sampai lunas. Lakukan terus cara ini sampai hutang anda lunas
  9. Berikan selamat kepada diri anda karena anda sudah terbebas dari hutang.
  10. Sekarang tambahkan 150-200$ tersebut sebagai tambahan tabungan/investasi anda.

Faktor Latte

Automatic Millionaire - David Bach
Automatic Millionaire – David Bach

David Bach dalam bukunya yang berjudul “The Automatic millionaire: A Powerfull One-Step Plan to Live and Finish Rich” memberikan istilah “Faktor Latte“.

Buku ini tentunya tidak membahas tentang kopi. Faktor Latte ini hanyalah sebuah metafora untuku semua pembelian kecil yang bahkan tidak kita pikirkan. Berbagai hal yang kita mengeluarkan uang tanpa kita menyadarinya karena nilainya terlalu kecil.

- Advertisement -

Misalkan anda seorang pencinta kopi, saat ini mungkin biayanya sudah jauh berkurang karena sudah banyak kopi kekinian yang lebih murah dibandingkan starbuck. Anggaplah 1 gelas kopi seharga 20.000 rupiah. Jika setiap hari anda beli kopi tersebut, maka itu menghabiskan 600.000 rupiah setiap bulannya. Ini berarti 7.200.000 rupiah setiap tahunnya.

Jika 7.200.000 rupiah setiap tahun, anda investasikan dengan return 10% per tahun selama 20 tahun itu senilai dengan 450 juta rupiah. Jika 50 tahun itu senilai dengan 9.2 miliar rupiah.

Coba anda pikirkan berapa sering pengeluaran anda yang dihabiskan di mini market di kampus atau dekat kantor anda. Pengeluaran jajan di mini market ini bersifat bukan kebutuhan primer. Anda bisa mengganti softdrink yang anda beli di minimarket dengan membawa botol yang diisi air putih lalu titipkan ke kulkas kantor. Rasanya juga tidak kalah menyegarkan dan lebih sehat untuk badan anda. (ini tulisan juga untuk mengingatkan diri saya sendiri).

Jangan Remehkan Koin Receh

Saya dulunya adalah orang yang tidak menghargai uang receh hasil kembalian. Uang kembalian itu saya letakkan di sembarang tempat. Waktu itu mantan saya suka risih melihat uang receh itu berserakan dimana-mana. Lalu dia memberikan saya sebuah kotak biskuit bekas, dan meminta saya meletakan uang receh tersebut disana.

Tanpa terasa setelah setahun, kotak biskuit itu penuh dengan uang receh tersebut. Saya iseng menghitung, dan hasilnya mengejutkan. Jumlahnya diatas 1 juta rupiah. Hasil kembalian yang dulu berserakan dimana – mana sekarang memberikan saya penghasilan tambahan 1 juta rupiah pertahun. Memang bukan hal yang besar, tapi jika diinvestasikan dengan bunga majemuk selama 20 tahun dengan return 10% pertahun maka itu menjadi 62 juta rupiah. Dan jika diinvestasikan 50 tahun akan menjadi 1,2 miliar rupiah dengan return 116 juta pertahun.

Bukan jumlah yang besar, tapi uang kecil ini akan membantu anda menjadi lebih cepat kaya bukan.

Kesimpulan

Anda hanya bisa menjadi kaya jika anda memiliki uang untuk ditabung atau diinvestasikan. Tidak ada jalan lain. Sehingga tugas pertama yang anda lakukan adalah bagaimana menambah jumlah uang yang untuk ditabung / diinvestasikan.

Program save more tomorrow dari Shlomo Bernartzi dan Richard Thaler dapat membantu anda untuk menyimpan lebih banyak tanpa membuat anda sengsara.

Strategi bebas hutang dari Garret Sutton akan membantu anda terbebas hutang lebih cepat, yang berarti strategi ini akan membantu anda untuk menjadi lebih cepat kaya.

Faktor Latte yang membantu mengingatkan anda bagaimana efek dari pengeluaran kecil yang anda jika anda kelola dengan benar.

Kisah uang receh yang walau tidak signifikan akan bisa membantu anda mencapai target keuangan anda di masa depan.

 

adsense
- Advertisement -

Follow Us:

Support us:

Latest articles

Tips Terbaik Investasi – Baru Beli Sudah Untung

"Tips investasi terbaik tersebut dirangkum dalam satu kalimat sederhana yaitu "Baru beli sudah untung" Sang pembicara mengajarkan bahwa banyak orang yang sulit membedakan antara investasi...

Rangkuman Belajar Value Investing Untuk Investor Saham Pemula

Cukup banyak pertanyaan yang masuk tentang bagaimana cara melakukan analisa laporan keuangan. Sebenarnya ini adalah topik paling awal yang saya tulis. Tetapi karena tanpa...

Tips Belajar Saham Bagi Investor Pemula – Kaitkan Dengan Uang

Pada tulisan kali ini saya ingin menulis secara ringan aja untuk sharing tips bagaimana investor pemula bisa belajar saham dengan lebih cepat. Saya harus bilang...

3 Kesalahan Yang Menyebabkan Terkena Value Trap

Ada satu pertanyaan yang menarik ke saya, yaitu bagaimana menghindari value trap? Melihat pertanyaan value trap artinya orang yang mengajukan pertanyaan ini sudah mengerti...

Related articles

6 Comments

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here