Bagaimana Menghindari Investasi Bodong (Yield Pigs)?

adsense

Dua tahun belakangan ini tampaknya kita sudah bosan mendengar banyaknya kasus investasi bodong yang terkuak di publik satu demi satu.

Salah satu pembaca tulisan saya, mengajukan pertanyaan bagaimana menghindari investasi bodong.

Kali ini saya hanya ingin menulis artikel singkat saja. Semoga benar jadi artikel singkat dan tidak kebablasan menjadi artikel panjang.

Yield Pigs

Apakah anda pernah mendengar istilah yield pigs sebelumnya? Saya cukup yakin mayoritas belum pernah mendengarnya. istilah ini dipopulerkan oleh Seth Klarman dalam buku legendarisnya yang berjudul Margin of Safety. Sebuah buku yang sudah menjadi sangat langka karena sudah tidak diterbitkan lagi. Beruntung saya masih bisa mendapatkan dalam versi e-book.

Saya rasa tidak banyak yang mengenal Seth Klarman. Beliau adalah salah seorang investor hebat hingga dijuluki Oracle of Boston. Sebutan Oracle atau penyihir ini adalah bentuk penghormatan karena kehebatannya di pasar modal. Warren Buffet adalah seorang investor yang mendapatkan julukan Oracle juga atau lebih tepatnya Oracle of Omaha.

Yield Pigs adalah sebutan untuk investor yang tertarik mengambil sebuah produk investasi yang menghasilkan return tinggi tanpa mempertimbangkan risikonya dengan matang.

Pigs di Indonesia sendiri kental dengan sebuah binatang yang haram. Jadi ada baiknya anda tidak menjadi yield pigs terlepas apapun agama anda.

Salah satu ciri dari investasi bodong adalah selalu menjanjikan return yang tinggi diluar rata-rata dengan embel-embel kepastian akan diberikan.

Satu-satunya kepastian didalam dunia investasi adalah ketidakpastian. Sehingga sebaiknya anda berhati-hati jika anda mendapatkan tawaran yang memberikan anda kepastian. Bahkan produk perbankan saja tidak menjamin uang anda kembali 100%. Jika anda membaca tulisan saya sebelumnya tentang penjaminan LPS terhadap produk perbankan, maka anda akan mendapatkan informasi LPS hanya menjamin maksimal 2 miliar rupiah untuk uang anda di satu bank. Jika uang anda lebih dari 2 miliar artinya tidak ada jaminan uang anda akan kembali 100% jika bank tempat anda menabung bermasalah.

- Advertisement -

Baca juga : Risk rate free return & menentukan target return saham

Komisi Adalah Segalanya Bagi Penjual

Ketika ada orang yang menawarkan produk investasi kepada anda maka saya cukup yakin fokus mereka adalah mendapatkan komisi bagi diri mereka. Apakah mereka peduli dengan berapa aktual return yang akan anda dapatkan? Sejujurnya saya tidak terlalu mempercayai hal tersebut. Maafkan saya yang terlalu skeptis ini.

Tapi silahkan saja kalian lakukan test singkat. Anggaplah anda hanya mencari asuransi kesehatan dan tidak ada produk investasi didalamnya (unit link). Tentu saja tujuannya agar anda mendapatkan premi yang lebih murah dan mendapatkan manfaat yang lebih baik. Walaupun anda sudah ungkapkan hal tersebut diawal ke agent yang akan anda temui. Saya cukup yakin agent anda setidaknya akan berusaha mengarahkan anda untuk membeli produk unit link terlebih dahulu kepada anda. Setelah anda menolaknya mungkin dia baru akhirnya menyerah dan menjelaskan produk yang anda inginkan. Tentu saja alasan dibalik itu adalah produk yang mereka berusaha jual kepada anda memberikan komisi yang lebih tinggi dari produk yang anda minta.

Baca juga : Mohon Maaf, Saya Tidak Berniat Unit Link

Jadi menurut saya bersifat skeptis adalah sebuah sifat yang baik jika anda bertemu dengan penjual yang menawarkan produk investasi kepada anda.

Kepastian Adalah Sesuatu Yang Tidak logis

Siang hari ini badan saya segar bugar dan tidak ada keluhan sama sekali. Tentu wajar jika saya berasumsi esok hari saya pasti sehat. Tiba-tiba setelah mandi pada malam ini saya terkena flu.

Jika kita saja tidak bisa memastikan bagaimana kondisi badan kita esok hari, bagaimana mungkin anda bisa memberikan kepastian untuk return investasi anda apalagi jika anda mengharapkan kepastian return yang lebih besar dari investasi dengan tingkat risiko rendah seperti deposito dan obligasi.

Sehingga jika ada yang bilang berani memberikan kepastian return investasi besar akan selalu anda dapatkan, maka cuma satu saran yang bisa saya berikan kepada anda. Minta jaminan didalam kontrak tertulis dan disaksikan oleh notaris bahwa anda berhak mengambil jaminan senilai investasi anda plus return yang dijanjikan jika produk yang anda beli tidak memberikan return seperti yang dijanjikan.

Saya cukup yakin, tidak ada penjual yang cukup berani memberikan jaminan itu. Kalau tidak berani maka logikanya mereka sendiri tidak yakin dengan kepastian yang mereka janjikan.

Dulu sempat ada penjual yang cukup pintar berani memberikan bank guarantee didalam iklan penjualannya. Sayangnya itu cuma gimmick dan karena malas melakukan pengecekan, akhirnya cukup banyak yang menjadi korban. Jadi kalau ada yang berani memberikan jaminan maka cek ke pihak yang bisa verifikasi kebenaran jaminan tersebut. Aktifitas yang tidak butuh waktu lama atau dana terlalu besar akan menjamin ketenangan batin anda yang tidak ternilai harganya.

Investasi Terbaik Adalah Investasi Leher Keatas

Investasi terbaik adalah ilmu yang anda dapatkan dari belajar, konsultasi ataupun pengalaman yang anda dapatkan. Anda tidak bisa mempercayakan masa depan anda ke orang lain yang anda kenal cuma di coffee shop untuk menjual produk investasinya kepada anda.

Pelajari ilmu yang anda butuhkan untuk mengembangkan dana investasi anda. Ambil konsultasi atau training dari orang yang memang sudah terbukti sukses di bidangnya. Umumnya orang yang sudah terbukti sukses tidak rajin berjualan layanan konsultasi / training mereka. Mereka sudah cukup sibuk dicari dan tidak perlu mencari.

Mohon maaf saya harus katakan hal ini, kegagalan adalah hal yang harus anda lalui untuk bisa naik level selanjutnya. Tanpa kegagalan anda tidak akan belajar dan menjadi tangguh. Kegagalan adalah guru dan pengalaman yang terbaik bagi anda. Jadi selamat mencari kegagalan tersebut untuk anda menjadi lebih sukses. Ombak yang tenang tidak akan melahirkan pelaut yang tangguh. Semoga anda tidak menyerah dengan kegagalan yang anda akan hadapi.

Dengan anda berinvestasi pada leher keatas, maka anda bisa mengelola investasi anda sendiri. Hal ini akan membuat anda bisa menumbuhkan investasi anda sekaligus mengurangi biaya investasi anda dengan signifikan.

Baca juga : Strategi Cepat Kaya 3 – Mengurangi Biaya dan Pajak

Jika anda tertarik untuk belajar investasi dengan value investing silahkan baca rangkuman materi value investing yang pernah saya buatkan.

Baca juga : Rangkuman Belajar Value Investing Untuk Investor Saham Pemula

Jika anda tertarik untuk belajar investasi dengan growth investing maka silahkan baca penjelasan singkat untuk growth investing.

Baca juga : Teknik Dividend Hunter – Part 1

- Advertisement -

Jika anda tertarik untuk belajar menjadi trader, saya tidak merasa bahwa saya orang yang tepat untuk anda ikuti. Satu-satunya tips yang bisa saya berikan hanyalah perihal money management didalam trading.

Baca juga : Teknik 2R – Teknik Rahasia Profit Konsisten Para Trader

 

- Advertisement -

Follow Us:

Support us:

Latest articles

Rekomendasi 7 Buku Saham Wajib Dibaca

Kenapa saya menuliskan rekomendasi buku saham pada postingan kali ini. Pada umumnya sebuah buku dibuat pertama kali oleh pengarangnya ketika sudah berumur rata -...

Hubungan antar aliran ilmu didalam investasi saham

Pasar saham dihuni oleh banyak investor yang menggunakan berbagai aliran ilmu yang berbeda - beda. Ada yang suka dengan value investing, growth investing, analisa...

Bagaimana Menghindari Investasi Bodong (Yield Pigs)?

Dua tahun belakangan ini tampaknya kita sudah bosan mendengar banyaknya kasus investasi bodong yang terkuak di publik satu demi satu. Salah satu pembaca tulisan saya,...

Risk Rate Free of Return & Menentukan Target Return Saham

Risk free rate of return secara teori adalah return investasi yang dihasilkan dari instrumen investasi yang tidak memiliki risiko. Saya pribadi tidak setuju dengan...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here