3 Langkah Melakukan Transfer Saham Ke Sekuritas Lain

Seharusnya sudah cukup banyak orang yang tahu tentang cara transfer rekening saham. Tetapi mungkin masih banyak yang belum mengetahui perihal transfer rekening saham ini. Minggu lalu sahabat saya panik karena menerima email bahwa sekuritas yang dia gunakan untuk investasi saham kena suspend dari BEI.

Tidak heran sahabat saya menjadi panik dan bertanya kepada saya apa yang sebaiknya dilakukan. Saya mencoba menenangkan dia dan menjelaskan bahwa dana dia pasti aman walaupun sekuritas terkena suspend. Rekening saham kita semua dikelola oleh KSEI dan sekuritas hanyalah penyedia jasa untuk kita bertransaksi dengan pasar modal.

Saya memberi saran untuk teman saya tersebut membuat rekening saham di sekuritas lain lalu melakukan transfer saham dari sekuritas yang sedang bermasalah tersebut ke sekuritas baru.

Hal tersebut akhirnya berhasil dan teman saya dikenakan biaya 22 ribu rupiah untuk satu kode saham yang dipindahkan.

Siapa tahu, kalian mengalami permasalahan sama dengan sahabat saya itu. Untuk itu mari saya jelaskan langkah – langkahnya.

3 Langkah Melakukan Transfer Saham Ke Sekuritas Lain

Langkah 1 – Meminta Forms Instruksi Pemindahan Efek (Eksternal)

Jika kalian mau memindahkan saham kalian dari rekening sekuritas kalian saat ini ke sekuritas yang baru maka tentu rekening sekuritas yang baru sudah harus aktif terlebih dahulu.

Setelah itu maka anda perlu meminta forms instruksi pemindahan efek dari sekuritas asal yang anda mau pindahkan dananya.

Form Instruksi Pemindahan Efek (Eksternal)
Form Instruksi Pemindahan Efek (Eksternal)

Langkah 2 – Pastikan Kecukupan Ketersediaan Dana Untuk Biaya Transfer Efek

Untuk transfer saham ini butuh biaya DFOP (Delivery Free of Payment) yang dibebankan oleh KSEI. Saat ini biayanya sebesar Rp. 22.000 (termasuk PPN 10%) per kode saham. Tidak peduli anda memiliki 1 lot saham ataupun 1.000 lot saham, maka biaya dikenakan adalah sama.

Jika anda memiliki 5 kode saham yang mau dipindahkan maka total biaya yang harus anda persiapkan adalah Rp.110.000 (5 x Rp.22.000).

- Advertisement -

Jika anda masi memiliki dana menganggur di sekuritas lama anda sejumlah dana tersebut maka anda tidak perlu melakukan transfer ke rekening sekuritas tersebut. Tapi jika saldo tidak mencukupi maka tentu anda perlu melakukan transfer terlebih dahulu ke rekening sekuritas anda.

Langkah 3 – Mengirimkan Forms Instruksi Pemindahan Efek Yang Sudah Ditandatangani Ke Sekuritas Anda

Forms sudah diisi dan dana dipastikan cukup maka anda tinggal mengirimkan forms pemindahan efek yang sudah anda lengkapi dan tandatangani ke sekuritas anda. Maka 2 hari kemudian proses transfer saham anda selesai dilakukan.

Selamat anda sudah memindahkan saham anda ke rekening sekuritas lain.

Bagaimana Dengan Sisa Uang Di Kode Sekuritas Lama?

Investor yang sudah masuk pasar modal tahun 2010 mungkin ingat skandal yang cukup terkenal saat itu. Dimana salah satu sekuritas melakukan praktek OTC (Over The Counter). Sampai detik ini praktek itu dianggap sebagai praktek ilegal didalam pasar modal kita.

Ketika anda melakukan transaksi jual/beli saham maka seharusnya transaksi anda langsung masuk kedalam Bursa Efek Indonesia. Tetapi ada praktek dimana sekuritas tidak mengirimkan instruksi anda ke Bursa Efek Indonesia. Seakan – akan mereka makan sendiri transaksi anda. Ibaratnya jika ada yang jual saham A di harga 1000 dan beli saham di harga 1000 maka mereka makan  tanpa memasukkan ke bursa efek indonesia. Mereka akan menghemat biaya transaksi.

Beruntungnya untuk investor saat ini, BEI sudah membenahi hal tersebut. Sehingga semua investor wajib memiliki rekening di bank kustodian atas nama masing – masing dan tidak boleh atas nama sekuritas. Hal ini guna menghindari praktek OTC terjadi lagi di kemudian hari.

Sehingga jika suatu saat sekuritas anda terkena masalah maka dana anda sebenarnya aman karena berada di rekening atas nama anda. Anda tetap bisa menariknya. Walaupun sekuritas anda terkena suspend tetai seharusnya proses penarikan uang di rekening saham anda tetap bisa dilakukan.

Jadi jangan terlalu panik jika anda menghadapi sekuritas anda terkena suspend. Saham dan dana anda aman karena tercatat di KSEI dan bank kustodian atas nama anda. Selamat menabung saham.

 

 

 

adsense
- Advertisement -

Follow Us:

Support us:

Latest articles

Belajar Seasonality Saham Cyclical (Studi Kasus TBLA)

Pada tulisan kali ini saya mau membahas tentang seasonality pada saham cyclical sekaligus mengucapkan perpisahan pada TBLA. Seperti yang mungkin kalian tahu, TBLA adalah salah...

Bedah Laporan Keuangan ELSA (Elnusa)

Sudah lama saya tidak buat bedah laporan keuangan, kali ini saya akan membuat bedah laporan keuangan salah satu perusahaan yang lagi hype dibahas yaitu...

Catatan Untuk Influencer Saham

Akhir - akhir ini marak sekali influencer saham bermunculan. Baik dari investor pemula yang baru seumur jagung di pasar modal, pemuka agama, selebritas, dan...

Time is Not Money – Seminar CMSE Lo Kheng Hong

Time is Not Money adalah sebuah statement yang dilontarkan oleh Lo Kheng Hong dalam seminar CMSE (Capital Market Summit & Expo). Lo Kheng Hong ada...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here