Belajar Value Investing Saham Gratis

Mari kita simak beberapa rekomendasi belajar saham value investing yang bekualitas tapi bisa kita akses secara gratis.

Risk comes from not knowing what you’re doing.” – Warren Buffet

Biasanya beberapa halangan yang menghalangi kita untuk belajar, adalah:

  1. Tidak punya semangat untuk belajar.
  2. Tidak punya cukup uang untuk belajar.
  3. Tidak tahu harus belajar dari mana.

Jadi mari kita bahas bagaimana cara mengatasi halangan – halangan itu satu persatu.

Tidak Punya Semangat untuk Belajar

Menurut Anthony Robbins, pada dasarnya otak manusia itu didesain untuk melakukan 2 hal, yaitu: mencari nikmat dan menghindari sengsara.

Dalam berinvestasi saham kita selalu tergiur dengan indahnya harapan uang kita akan berlipat ganda. Investasi saham akan membuat kita cepat kaya, itu harapan kebanyakan orang.

Tapi mereka melupakan bahwa investasi saham itu berisiko. Investasi saham bisa membuat kita mengurangi kekayaan kita jika kita mengalami kerugian. Sayangnya, investasi saham sangat mungkin membuat anda mengalami kerugian.

Kalau begitu maka lebih baik kita berinvestasi di reksadana saham. Kita percayakan pada ahlinya. Ini menjadi hal lebih konyol lagi, karena anda memiliki risiko yang sama besarnya dan membayar biaya yang lebih besar. Artinya tingkat risiko anda semakin besar tetapi potensi profit anda semakin kecil.

Kalau begitu lebih baik kita tidak investasi saham. Lebih baik kita full investasi di deposito yang aman. Bukan pilihan yang jelek tapi hal ini tidak membuat anda lebih kaya. Karena besarnya peningkatan kekayaan anda dari deposito tidak bisa mengikuti peningkatan inflasi untuk komponen biaya hidup yang justru paling tinggi, seperti biaya pendidikan ataupun harga properti untuk tempat tinggal anda.

- Advertisement -

Sehingga jika anda ingin meningkatkan kekayaan anda lebih cepat, instrumen saham bisa membantu anda. Tapi betul, ini instrumen yang berisiko. Maka sangat penting untuk anda memiliki pengetahuan dan mentalitas yang cukup untuk sukses di investasi saham ini. Untuk itu penting bagi anda untuk BELAJAR.

Hilangnya Masa Kejayaan Kita

Dari pengalaman saya berkarir, saya memiliki beberapa teman yang sukses menduduki top level baik di perusahaan skala nasional ataupun multinasional. Dari situ saya belajar satu hal. USIA 40 TAHUN adalah USIA RAWAN dalam KARIR PROFESIONAL.

Anda bisa jadi orang yang berjasa membangun fondasi perusahaan tempat anda bekerja. Berkat jasa anda, perusahaan tempat anda bekerja bisa menjadi besar seperti saat ini. Sehingga tidak heran anda mendapatkan bayaran puluhan hingga ratusan juta sebulan dengan menduduki posisi direksi di perusahaan tersebut. Tidak heran anda layak mendapatkan berbagai fasilitas mewah seperti mobil mewah, tunjangan gadget, kartu kredit perusahaan dan fasilitas bintang lima lainnya.

Perusahaan tempat anda bekerja sudah memiliki fondasi bisnis yang kuat berkat sistem dan strategi luar biasa yang sudah anda bangun. Tapi di satu sisi, artinya perusahaan sudah tidak terlalu membutuhkan anda lagi. Sistem dan strategi luar biasa yang anda berhasil implementasikan di perusahaan itu, membuat perusahaan itu bisa berjalan dengan baik walaupun TANPA ANDA.

Tenaga kerja muda yang cerdas, energik, selalu siap lembur, lebih sehat dan tentunya LEBIH MURAH dari anda SANGAT BERSEMANGAT untuk MENGGANTIKAN ANDA. Tapi seiring waktu lamanya kita bekerja di perusahaan, kita akan mendapatkan pesangon luar biasa besar jika perusahaan memecat kita.

Inilah hebatnya, perusahaan tidak memecat kita. Tapi mereka akan membuat situasi yang membuat anda TIDAK TAHAN bekerja disana hingga anda mengajukan surat pengunduran diri. Jadi selamat tinggal uang pesangon besar dan selamat tinggal semua bayaran dan fasilitas indah tersebut.

Ketika anda sudah mencapai top level dan mau pindah ke tempat lain, maka tentu ekspektasi anda adalah tetap mendapatkan posisi top level itu bukan. Sayangnya kesempatan dan persaingan  menjadi sulit disaat itu. Apalagi dengan semakin tuanya umur anda, membuat perusahaan juga berpikir ulang untuk rekrut anda.

Masalah Besar Setelah Berakhirnya Masa Kejayaan Kita

Orang bodoh mana yang mau melepaskan fasilitas bagus tanpa mendapatkan pekerjaan penggantinya terlebih dahulu. Saya yakin, anda pernah/akan mengenal orang – orang bodoh itu. Sayangnya orang – orang bodoh ini justru adalah orang luar biasa pintar dan hebat.

Seiring kehilangan pekerjaan berbiaya rendah, sayangnya tidak mudah mengubah gaya hidup kita dari masa kejayaan kita. Biaya hidup tetap tapi penghasilan berkurang jauh atau bahkan menjadi nol. Sehingga biasanya mengambil tabungan pensiun kita. Dan berujung kesengsaraan di usia pensiun kita.

Kita bisa kehilangan masa kejayaan di pekerjaan profesional kita ataupun bisnis kita. Untuk itu kita perlu memiliki suatu check point, yaitu passive income yang cukup untuk membiayai biaya hidup kita tanpa mengurangi kekayaan kita. Inilah kenapa kita perlu berinvestasi. Kalau tidak, bahkan anda bisa jadi memiliki akhir kisah hidup yang lebih menyedihkan daripada kisah hidup Tim

Baca juga: Pentingnya Alokasi Aset Untuk Pensiun – Kisah Tim dan Tom

Tidak Punya Cukup Uang Untuk Belajar

Masalah berikutnya yang biasa dihadapi untuk belajar adalah tidak punya cukup uang untuk belajar.

Harus saya akui, ketika terakhir ke gramedia saya cukup kaget melihat harga buku saat ini. Dulu satu buah buku di kisaran 40-50 ribu rupiah. Sekarang malah satu buku saham, yang penulisnya pun saya tidak kenal (walaupun di stockbit kayanya banyak haters nya) dijual dengan harga diatas seratus ribu rupiah.

Tapi menurut saya, di jaman sekarang itu tidak bisa menjadi alasan lagi karena saat ini banyak cara LEGAL untuk belajar saham dengan materi yang saya rasa baik dan GRATIS.

Yang anda butuhkan hanyalah jaringan internet. Saya akan bingung jika untuk jaringan internet juga menjadi masalah bagi anda. Karena ketika anda membaca tulisan ini tentunya anda menggunakan jaringan internet anda.

Tidak Tahu Belajar Dari Mana

Setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda. Ada orang yang suka belajar dengan membaca, ada yang suka melihat dalam bentuk video. Saya pribadi lebih suka dengan cara membaca.

Jadi mari saya akan memberikan beberapa rekomendasi tempat belajar saham yang saya rekomendasikan dan materinya bisa anda pelajari GRATIS.

Membaca Buku Saham Indonesia Gratis

Ada dua aplikasi yaitu iPusnas dan iJakarta yang bisa anda gunakan di smartphone anda. Anda tinggal download, searching buku saham yang mungkin anda lihat di gramedia, kemungkinan anda bisa menemukan di aplikasi ini.

Berikutnya anda bisa baca buku saham tersebut di smartphone itu. Secara konsep anda seperti meminjam buku ini di perpustakaan. Anda bisa meminjam selama periode tertentu. Jika sudah melewati periode tersebut anda sudah tidak bisa membaca buku tersebut. Anda tinggal menyewanya lagi. Semudah itu.

 

Ipusnas iJakarta baca e-book indonesia gratis
Ipusnas iJakarta baca e-book indonesia gratis

Membaca Blog/Forum Saham Penulis yang Sekaligus Investor

- Advertisement -

Diluar dari penulis terkenal yang bukunya banyak dijumpai di toko buku. Banyak investor saham lainnya yang suka membagi pemikirannya baik di forum ataupun di blog pribadinya. Saya akan memberikan beberapa contoh penulis saham yang saya rekomendasikan:

  • Joeliardi Sunendar – Stockbit

Salah seorang penulis paling senior di stockbit. Penganuat aliran value investing ini sudah memiliki puluhan tahun pengalaman baik di pasar saham Indonesia, Amerika ataupun Eropa.

Sudah menulis 2 buku yaitu “Cara Simpel Berinvestasi Di Pasar Modal” dan “Cara Mudah Memahami Laporan Keuangan

id stockbit: @JS76115

  • Kakdr – stockbit

Penulis dengan reputasi tertinggi di stockbit saat ini. Orang yang ramah dengan gaya investasi yang terkenal unik “Penangkap pisau jatuh anti cut loss.

id stockbit : @kakdr

blog pribadi : kakdr.com

  • InvestorSaham.id

Penulis yang menganut aliran value investing dan sharing pemikiran nya baik di blog pribadi, sosial media ataupun forum stockbit.

id stockbit : @thowilz

blog pribadi : InvestorSaham.id

  • Parahita Irawan

Salah satu penulis favorit saya khususnya buku street investing. Buku yang membantu saya untuk memahami ratio keuangan dan valuasi ketika awal belajar. Sayang tampaknya sudah jarang update tulisannya lagi.

Blog pribadi: parahita.wordpress.com

  • Teguh Hidayat

Salah satu penulis buku value investing.

Blog pribadi : TeguhHidayat.com

  • Lukas Setia Atmaja

Salah satu investor kawakan yang suka menulis buku tentang investasi saham

Blog pribadi : LukasSetiaAtmaja.com

  • Rivan Kurniawan

Penganut value investing, lebih aktif di youtube. Menjual data – data analisa secara periodik di websitenya.

Blog pribadi : RivanKurniawan.com

  • MichaelYeoh – stockbit

Seorang trader yang menurut saya punya keahlian analisa teknikal sangat baik. Jika anda suka melakukan analisa teknikal untuk investasi saham maka anda wajib follow orang ini. Jauh lebih baik analisanya dibandingkan stockpick berbayar mahal.

id stockbit: MichaelYeoh

Kumpulan tutorial trading di stockbit : https://stockbit.com/post/3083394

Menonton Youtube 

Saat ini banyak sekali youtuber yang membahas tentang saham. Tapi favorit saya tentunya adalah TheSwedishInvestor.

Dia tidak membuat video hasil pemikiran dia sendiri, tapi dia merangkum buku – buku saham terbaik menjadi sebuah video durasi singkat 10-15 menit. Mengerti intisari buku the intelligent investor yang tebal itu dalam waktu 15 menit, disinilah tempatnya.

Belajar Dari Pengalaman

Sebanyak apapun pengetahuan anda, anda pasti akan melakukan kesalahan. Bisa jadi anda terburu-buru membeli walau belum masuk ke syarat pembelian anda. Bisa jadi anda terlambat menjual karena terlalu rakus ingin profit lebih tinggi lagi. Bisa jadi anda kehabisan dry powder terlalu cepat, karena kehilangan akal sehat ketika melihat saham murah yang akhirnya terus bertambah murah.

Untuk itu perlu sekali membuat jurnal investasi saham anda. Dari sana anda bisa belajar bagaimana anda meraih profit atau kegagaln didalam investasi anda. Sehingga anda dapat melakukan evaluasi dan membuat investasi anda semakin baik lagi kedepan harinya.

Baca juga : Belajar Membuat Jurnal Saham

Kesimpulan

Begitu mudahnya saat ini kita mencari berbagai materi belajar investasi saham yang bagus dan gratis.

Internet telah membuat kita menjadi mudah melakukan akses ke materi – materi luar biasa tersebut. Saya yakin selain cara-cara belajar yang saya jelaskan diatas, ada banyak cara lainnya.

Berinvestasi dengan memiliki pengetahuan yang baik masih memungkinkan anda mengalami kerugian di investasi saham, apalagi jika anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup.

Investasi saham membantu kita untuk lebih cepat mempersiapkan keamanan finansial kita asalkan kita tahu caranya.

- Advertisement -

Jadi mari kita belajar bersama untuk bisa menjadi investor yang lebih baik lagi. Dan kalau ada yang tahu cara belajar bagus lainnya, silahkan comment ya.



- Advertisement -

Follow Us:

Support us:

Latest articles

Belajar Investasi Saham Dari Benjamin Graham – Guru Investor Series Part I

Benjamin Graham adalah Warren Buffetnya bursa saham US sebelum adanya Warren Buffet. Bahkan seorang Warren Buffet menganggap buku The Intelligent Investor yang memberikan inspirasi...

Bagaimana Guru Investor Seperti Warren Buffet, Benjamin Graham, Peter Lynch Memilih Saham

Tentu menjadi hal yang sangat menarik untuk belajar bagaimana Guru Investor Warren Buffet, Benjamin Graham, Peter Lynch memilih saham. Sehingga saya akan coba membuat...

Cara Melihat Rating Obligasi di PEFINDO

Apa Itu PEFINDO? PT. PEFINDO (Pemeringkat Efek Indonesia) adalah market leader dalam pemberian rating perusahaan - perusahaan di Indonesia. Rating sendiri adalah penilaian yang terstandarisasi terhadap...

Melihat Data Historical Dividend Perusahaan IHSG

Sebagai investor kita butuh mengecek apakah perusahaan yang kita beli memang konsisten membagi dividen atau tidak. Bisa jadi kita memiliki ekspektasi mendapatkan dividen rutin dari...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here