Warren Buffet Quote Collection Part 1

adsense

Warren Buffet Collection Part 1

Kali ini saya mau membahas tentang quote yang pernah dikeluarkan oleh Warren Buffet. Karena cukup banyak quote terkenal yang dikeluarkan oleh beliau, maka saya akan pecah menjadi 2 postingan berbeda.

Kisah Warren Buffet Kecil

Warren Buffet lahir pada tahun 1930 di Omaha, Nebraska. Ayahnya seorang broker saham yang akhirnya terpilih sebagai anggota kongres, sehingga Warren Buffet dan keluarganya pindah ke Washington DC.

Sedari kecil Warren Buffet sudah rajin berwirausaha, dia berkeliling berjualan permen karet dan majalah.

Pada umur 11 tahun dia membeli saham pertamanya berjumlah 3 lot dengan harga perlembar 38 dolar. Saham tersebut sempat mengalami penurunan dan akhirnya dia menjual di harga 40 dolar.

Warren Buffet kecil merasa menyesal  ketika melihat harga sahamnya melonjak menjadi 200 dolar. Dia bilang merasa menyesal menjual saham terlalu cepat. Warren Buffet bilang kejadian ini merupakan salah satu pengalaman berharga di hidupnya.

Pada umur 13 tahun, dia membeli sepeda dan menggunakannya untuk membantu dia bekerja sebagai loper koran. Dia melihat peluang bisnis pertamanya. Dia membeli mesin pinbal bekas seharga 25 dolar dan menitipkannya di barbershop. Dari mesin pinball ini dia berhasil meraup uang hingga ribuan dolar.

Pada umur 14 tahun dia membeli 40 acres (1 acres = 0,00405 kilometer persegi) ladang dengan total investasi 1.200 dolar.

Kisah Awal Karir Warren Buffet

Ketika Warren Buffet lulus kuliah dia sudah memiliki kekayaan sebesar 90.000 dolar. Kemudian dia berkuliah di Columbia University dan bertemu dengan Benjamin Graham.

- Advertisement -

Warren Buffet yang begitu menyukai pemikiran Benjamin Graham melamar bekerja di kantornya tanpa minta bayaran. Tapi sayangnya lamaran itu ditolak oleh Benjamin Graham.

Warren Buffet pulang ke Omaha dan membuka Buffet Partnership, dimana dia berhasil berinvestasi pada perusahaan undervalue dan berhasil meraih profit tinggi. Hingga akhirnya dia dijuluki Oracle of Omaha.

Tahun 2008, Warren Buffet pernah menjadi orang terkaya dunia versi majalah Forbes. Jadi mari kita belajar dari quote yang pernah dia berikan. Saya juga akan coba membahas bagaimana cara untuk implementasi quote ini kepada investasi kita.

Quote 1 – Someone is Sitting In The Shade Today Because Someone Planted a Tree a Long Time Ago.

Segala sesuatu yang kita lakukan ada harganya. Kita butuh melakukan investasi waktu dan uang kita untuk belajar. Kita bisa kehilangan banyak waktu dan uang karena kita tidak mau belajar.

Jika keuntungan kita di investasi saham hanya didasarkan pada rekomendasi orang lain atau keberuntungan. Maka ketika kedua hal tersebut hilang lalu bagaimana kita akan mendapatkan keuntungan di kedepan hari.

Sebagai investor saham, kita perlu memiliki fondasi yang kuat didalam pengetahuan dan disiplin. 

Apa yang kita dapatkan di masa depan adalah apa yang kita tanam disaat ini. Berinvestasi saham bukanlah cara menjadi cepat kaya tetapi membuat kita menjadi lebih cepat kaya.

Cara Implementasi

Kita perlu terus haus ilmu dan belajar ilmu baru. Tapi jika sudah menemukan bidang ilmu apa yang diminati, maka fokuslah ke bidang ilmu tersebut.

Jika anda tertarik menjadi trader, maka fokuslah belajar ilmu trading seperti analisa teknikal, psikologi pasar, analisa volume dan money management. Ditambah lagi kalau kalian mengerti berita apa yang akan memberikan dampak signifikan terhadap psikologi market.

Sebagai contoh: jika harga oil sehari naik 20% seperti hari ini, tentu wajar jika market menjadi optimis terhadap saham pertambangan di sektor minyak.

Jika anda tertarik menjadi investor, maka fokuslah belajar ilmu analisa laporan keuangan, menghitung valuasi, psikologi pasar dan money management.

Jadilah expert di bidang yang kalian fokus untuk dalami. Implementasikan ilmu tersebut secara disiplin didalam investasi kalian. Maka semoga secara jangka panjang saya harap investasi saham anda meraih keuntungan berlipat – lipat.

Quote 2 – It Takes 20 Years to Build a Reputation and 5 Minutes to Ruin It. If You Think About That, You’ll Do Things Differently

Quote Warren buffet kali ini memberitahukan bahwa reputasi adalah sesuatu yang sulit untuk dibentuk. Butuh waktu lama untuk membentuk reputasi. Tapi hanya butuh sekejap saja untuk menghancurkan reputasi yang kita bangun.

Jadi berhati-hatilah terhadap kata-kata atau perilaku yang kita keluarkan. Jangan pernah merusak hubungan kita baik dengan perusahaan ataupun individual. Sekali kepercayaan itu rusak, hampir mustahil untuk diperoleh kembali.

Tidak pernah ada keuntungan dari merusak hubungan kita dengan pihak lain. Bisa jadi saat ini kita tidak membutuhkan pihak tersebut. Tapi kita tidak pernah tahu apa yang terjadi dengan masa depan.

Cara Implementasi

Dalam memilih saham untuk berinvestasi, sebaiknya kita mencari tahu manajemen perusahaan tersebut. Apakah manajemen perusahaan tersebut memiliki integritas dan bisa dipercaya.

Walaupun perusahaan itu bagus dan murah, sebaiknya jangan berinvestasi di perusahaan tersebut jika dikelola oleh manajemen yang tidak jujur dan tidak berintegritas.

Manajemen yang tidak jujur dan tidak berintegritas lebih mementingkan keuntungan untuk diri mereka sendiri. Mereka tidak memperdulikan keuntungan yang bisa diberikan kepada para pemegang saham.

IHSG memiliki lebih dari 600 perusahaan untuk dipilih. Ada perusahaan yang dikelola oleh manajemen yang punya integritas. Ada perusahaan yang dikelola oleh manajemen yang tidak punya integritas.

Oleh karena itu, kenapa harus memilih perusahaan yang dikelola oleh manajemen yang tidak punya integritas jika bisa memiliih perusahaan yang dikelola manajemen yang baik.

Cara Mengecek Apakah Manajemen Perusahaan Memiliki Integritas Yang Baik:

  • Buka Annual Report perusahaan tersebut dan cari nama komisaris dan direksi perusahaan tersebut.
  • Copy paste nama tersebut satu persatu di mesin pencarian Google. Tambahkan kasus keyword negatif seperti:
    • Kasus hukum
    • Penipuan
    • Gorengan
    • Dan lain – lain
  • Jika menemukan berita negatif tentang mereka, maka silahkan cek kebenarannya.
  • Jika anda sudah memastikan kebenarannya maka silahkan pikirkan dengan logika anda. Apakah anda mau berinvestasi di perusahaan yang dia kelola? Semoga anda menjawab tidak.

Quote 3 – The Most Important Things To Do If You Find Yourself In a Hole Is Stop Digging

- Advertisement -

Quote Warren Buffet kali ini mengajarkan bahwa terkadang sebagai investor saham kita perlu melakukan cut loss.

Seorang trader yang baik wajib melakukan cut loss jika harga saham tidak sesuai prediksinya. Tapi selalu menjadi perdebatan apakah seorang investor perlu melakukan cut loss ataupun trailing stop.

Banyak yang berasumsi jika harga saham investor semakin murah, maka itu adalah kesempatan baik untuk average down. Tidak salah dengan konsep pemikiran itu selama benar itu perusahaan yang baik dan lagi dijual murah.

Tapi jika harga saham tersebut terus turun sampai investor kehabisan dana untuk average down maka itu akan menjadi masalah.

Jauh lebih mudah untuk berpindah kapal, dibandingkan memperbaiki kapal yang bocor.

Cara Implementasi

Sebagai investor perlu bisa membedakan market risk dan company risk. Apakah harga saham yang kita beli mengalami penurunan dikarenakan market risk atau company risk.

Jika penurunan karena market risk, maka tidak masalah jika kita melakukan average down. Tapi jika karena company risk, maka itu menjadi masalah yang besar.

Jika anda yakin penurunan saham anda karena market risk, maka silahkan lakukan average down. Tapi jika penurunan saham anda karena company risk, tidak perlu malu untuk melakukan cut loss.

Baca juga : Bagaimana Menyikapi Market Risk & Company Risk

Quote 4 – Price is what you pay, Value is what you get

Ini mungkin adalah quote yang paling terkenal dari Warren Buffet. Harga dan value tidak selalu berbanding lurus.

Ada perusahaan yang dihargai dengan market cap senilai 4 triliun rupiah padahal perusahaan ini memiliki asset yang kecil dan tidak bisa menghasilkan keuntungan.

Di satu sisi ada perusahaan yang dihargai dengan market cap senilai 1 triliun padahal memiliki asset yang sangat besar dan masih bisa menghasilkan keuntungan.

Sebagai investor kita butuh mengetahui nilai intrinsic / nilai wajar dari perusahaan tersebut. Dan sebaiknya membeli perusahaan yang dijual dibawah nilai wajar tersebut.

Membeli saham tanpa mengetahui nilai wajar perusahaan tersebut sama halnya anda membeli rumah tanpa melihat kondisi rumah tersebut terlebih dahulu. Itu menjadi sebuah investasi yang sangat berisiko.

Investor A bisa mendapatkan keuntungan yang besar di suatu saham perusahaan. Tapi di satu sisi investor B bisa mengalami kerugian yang besar dengan berinvestasi di saham yang sama.

Cara Implementasi

Sebagai seorang value investor kita dituntut untuk membeli perusahaan yang dijual dibawah nilai intrinsik / nilai wajar dari perusahaan tersebut.

Membeli perusahaan yang dijual dibawah nilai wajar akan mengurangi tingkat resiko dan meningkatkan potensi profit kita.

Jika berminat untuk mengetahui bagaimana cara menghitung nilai wajar. Maka dapat membaca tulisan saya yang lain

Baca juga: Menghitung Nilai Wajar ala Benjamin Graham

Quote 5 – Honesty Is a Very Expensive Gift, Don’t Expect It From Cheap People

Quote Warren Buffet kali ini kembali mengingatkan seberapa pentingnya memilih perusahaan yang dikelola oleh manajemen yang memiliki integritas dan bisa dipercaya.

Selalu cek histori masa lalu anggota manajemen perusahaan tersebut. Dan ada baiknya jangan mengambil resiko untuk berinvestasi di perusahaan yang dikelola oleh manajemen yang tidak jujur dan tidak berintegritas.

Cara Implementasi

Bisa jadi manajemen tersebut belum memiliki sejarah buruh di masa lalu. Tapi ada beberapa hal yang bisa kita cek untuk mengetahui bagaiman integritas mereka:

  1. Lihat laporan keuangan perusahaan tersebut. Manajemen perusahaan yang baik bisa membawa perusahaan meraih pertumbuhan dari sales ataupun net profit.
  2. Melihat apakah ada keanehan di laporan keuangan perusahaan tersebut ada keanehan yang dikarenakan financial engineering. Perusahaan bisa memanfaat berbagai aturan untuk mempercantik laporan keuangan perusahaan tersebut. Jika anda menemukan perusahaan yang hobi melakukan hal ini, ada baiknya hindari perusahaan tersebut.
  3. Perusahaan yang jujur tentu berani menggunakan jasa auditor yang kredibel dan terpercaya. Auditor yang kredibel dan terpercaya tentu memiliki kredibilitas dan lebih bisa dipercaya. Walaupun dari sejarah masa lalu, kita melihat beberapa auditor terkenal bermasalah. Tapi jika yang terkenal saja bermasalah, gimana yang tidak terkenal.

Anda tidak bisa berharap untuk mendapatkan perlindungan dari siapapun di pasar saham. Selalu ada saja orang yang hanya ingin mengambil keuntungan pribadi dan tidak memikirkan investor perusahaan tersebut di pasar saham.

Luangkan waktu  setengah jam sampai satu jam untuk mencari tahu tentang hal ini. Itu jauh lebih baik dibandingkan anda nyangkut di perusahaan seperti ini.

 

Quote 6 – There Comes a Time When You Ought to Start Doing What You Want. Take a Job That You Love. You Will Jump Out of Bed In The Morning. I Think You Are Out of Your Mind If You Keep Taking Jobs That You Don’t Like Because You Think It Will Look Good On Your Resume. Isn’t That a Litte Like Saving Sex for Your Old Age?

Ini adalah quotes Warren Buffet yang paling panjang dan paling rawan untuk dijelaskan. Dalam quote ini Warren Buffet menjelaskan lebih baik melakukan hal yang kita suka dibandingkan hal yang cuma terlihat bagus didalam resume kita.

Ini mungkin sebuah alasan kenapa Warren Buffet berinisiatif untuk melamar tanpa minta bayaran ke perusahaan Benjamin Graham. Karena dia memiliki passion untuk belajar hal yang dia sukai.

Kebanyakan orang bekerja karena melihat jumlah bayaran terlebih dahulu dibandingkan passionnya. Jika anda melakukan hal sesuai dengan passion anda, maka dengan sendirinya bayaran anda akan membesar. Karena anda akan memiliki kualitas yang baik di pekerjaan yang anda punya passion didalamnya.

Sedangkan pekerjaan keren yang anda tidak punya passion akan membuat kinerja anda biasa saja.

Jika anda memiliki passion menjadi  investor saham. Maka berusahalah untuk menjadi investor saham yang memiliki kualitas yang baik.

Cara Implementasi

- Advertisement -

Untuk menjadi expert dalam anda perlu melewati 4 step:
1. BELAJAR
Belajarlah hal yang kamu minati dari yang terbaik, jaman sekarang kamu bisa dapati dari youtube, buku, seminar, dll).
2. PRAKTEK
Kalau kamu coba belajar teori bagaimana menyetir mobil, tapi kamu tidak pernah praktek. Maka sampai kapanpun kamu tetap tidak bisa menyetir mobil. Kita harus praktek ilmu yang sudah kita pelajari untuk kita menjadi expert.
3. GAGAL
Ini adalah bagian tersulit tapi harus kita hadapi. Setiap orang pernah mengalami yang namanya gagal. Lionel Messi dan Christiano Ronaldo pernah kalah dan pernah gagal dalam melakukan tendangan penalti.

Setiap manusia dikatakan punya jatah gagal. Jadi mari kita habiskan jatah gagal kita. Agar sesegera mungkin mendapatkan jatah sukses kita.
4. BANGKIT dari KEGAGALAN
Step yang tidak mudah tapi sangat penting. Banyak sekali orang yang langsung keluar karena mengalami satu kegagalan.

Kita harus belajar alasan kita gagal dan bagaimana biar tidak mengalami kegagalan di kemudian hari. Tidak ada orang yang berhasil kalau dia tidak bisa bangkit dari kegagalan yang dia hadapi.

Quote 7 – No Matter How Great The Talent or Efforts, Some Things Just Take Time. You Can’t Produce a Baby In One Month By Getting Nine Woman Pregnant

Ini adalah quote Warren Buffet yang paling saya suka. Unik, lucu dan sangat mudah menyentil para investor.

Banyak sekali investor saham yang bermimpi cepat kaya dari saham. Dan pada akhirnya mendapatkan hasil kebalikannya.

Investasi saham bukanlah sebuah media invesstasi yang membuat anda kaya cepat tetapi hanya membantu anda kaya cepat.

Cara Implementasi

Untuk sukses sebagai value investor ada 3 hal yang harus dilakukan:

  1. Membeli perusahaan yang memiliki kinerja bagus
  2. Membeli perusahaan yang dijual dibawah nilai intrinsic / nilai wajar
  3. Memberikan waktu yang cukup agar perusahaan tersebut memberikan keuntungan yang baik untuk kita.

- Advertisement -

Follow Us:

Support us:

Latest articles

Rekomendasi 7 Buku Saham Wajib Dibaca

Kenapa saya menuliskan rekomendasi buku saham pada postingan kali ini. Pada umumnya sebuah buku dibuat pertama kali oleh pengarangnya ketika sudah berumur rata -...

Hubungan antar aliran ilmu didalam investasi saham

Pasar saham dihuni oleh banyak investor yang menggunakan berbagai aliran ilmu yang berbeda - beda. Ada yang suka dengan value investing, growth investing, analisa...

Bagaimana Menghindari Investasi Bodong (Yield Pigs)?

Dua tahun belakangan ini tampaknya kita sudah bosan mendengar banyaknya kasus investasi bodong yang terkuak di publik satu demi satu. Salah satu pembaca tulisan saya,...

Risk Rate Free of Return & Menentukan Target Return Saham

Risk free rate of return secara teori adalah return investasi yang dihasilkan dari instrumen investasi yang tidak memiliki risiko. Saya pribadi tidak setuju dengan...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here