Proses Menjadi Lender Saham KPEI – Part 2

Di postingan sebelumnya, saya sudah menjelaskan detail tentang menjadi lender saham di KPEI.

Baca Juga: Proses Menjadi Lender Saham KPEI – Part 1

Saya mengirimkan dokumen ke KPEI pada hari jumat, 10 July 2020. Satu minggu kemudian, tepatnya tanggal 17 July 2020 saya mendapatkan email balasan untuk bagaimana prosedur untuk mengirimkan instruksi untuk menjalankan proses lender saham ini di IPOT.

Cara Mengirimkan Instruksi Untuk Menjalankan Program Lender Saham KPEI di IPOT

  • Setelah berhasil login di aplikasi IPOT anda pilih menu bar Tools –> Message

"Proses

  • Setelah itu akan muncul pop-up menu, lalu arahkan kursor ke menu bar contacts. Di bagian kiri akan ada menu Friend, klik kanan disana lalu pilih Add Friend

"Proses

  • Maka akan muncul pop-up bar baru masukkan informasi sebagai berikut:
    • Friend Name : CRO-1370
    • Friend Info : Pinjam Meminjam Efek
    • Lalu tekan tombol add
Pendaftaran KPEI IPOT - ADD FRIEND
Pendaftaran KPEI IPOT – ADD FRIEND
  • Setelah menambahkan CRO-1370 sebagai teman anda, maka anda selanjutnya pilih menu compose untuk mengirimkan message kepada CRO-1370 dan menuliskan message dengan format sebagai berikut
    • To : CRO-1370
    • Type : Personal
    • Subject : Pinjam Meminjam Efek
    • Nama Saham : Masukkan kode saham yang mau anda pinjamkan (misalkan: ITMG)
    • Jumlah Lot : masukkan jumlah lot saham yang mau anda pinjamkan
    • Keterangan : Pinjam Meminjam Efek
    • Lalu tekan tombol Send

"Pendaftaran

  • Maka berikutnya pesan sudah terkirim, kalian bisa melihat di menu compose untuk mengecek apakah benar pesan sudah terkirim atau belum. Saya sent pada tanggal Minggu, 19 July 2020.

"Pendaftaran

  • Setelah diproses, saham yang anda ajukan untuk lender di KPEI akan HILANG dari portofolio di sekuritas anda (IPOT). Tetapi jangan panik, karena jika kita lihat di KSEI maka saham tersebut masih ada di portofolio saham kita. Tetapi statusnya BLOCK. Ini terjadi karena selama proses lender saham tersebut tidak bisa kita jual karena ada kemungkinan untuk dipinjam oleh orang lain sehingga hilang dari portofolio investasi kita di sekuritas kita dan masih tercatat di KSEI kita.

"Status

Pertanyaan Yang Sering Muncul terkait Lender Saham KPEI

  • Pertanyaan berikutnya yang akan muncul, darimana kita bisa melihat bahwa saham kita ada yang meminjam? maka KPEI menyarankan untuk meminta informasi dari perusahaan efek (IPOT) untuk mengetahui apakah sahamnya dipinjam KPEI atau tidak.
  • Bagaimana jika saya mau membatalkan pendaftaran saham pada program lender KPEI sehingga nantinya saya bisa jual saham saya? maka KPEI menyarankan untuk kita mengajukan unfrozen saham kita ke perusahaan efek (IPOT).
  • Apakah setiap bulan saya bisa mendapatkan laporan dari KPEI atas aktifitas lender tersebut? KPEI hanya berhubungan dengan pihak efek (IPOT), yang akan memberikan laporan adalah perusahaan efek (IPOT). Perusahaan efek dapat melakukan penarikan data via sistem e-Clears dan memberikannya kepada kita (nasabah).
  • Apakah nasabah bisa akses langsung ke sistem e-Clears ini? Saya lagi coba tanyakan ke pihak Indopremier terkait hal ini, tapi honestly saya agak pesimis jika nasabah bisa melakukan akses ke sistem e-Clears tersebut.

Kesimpulan

Sejujurnya proses pendaftaran lender saham di KPEI menurut saya cukup simpel. Tapi mungkin perlu lebih ada komunikasi yang lebih jelas. Menurut saya, pasti akan banyak investor yang akan tegang ketika esok hari tiba-tiba melihat sahamnya hilang dari portofolio di aplikasi sahamnya.

- Advertisement -

Karena saya orang sistem sehingga saya tidak terlalu panik dan kepikiran untuk mengecek data di KSEI saya dan ternyata saham saya masih aman didalam portofolio pada KSEI saya.

Untuk pihak sekuritas, mungkin ada baiknya untuk lebih secara proaktif untuk memberikan laporan kepada nasabah secara periodik atau dibuatkan sistem untuk nasabah bisa melihat secara langsung data lender saham mereka di KPEI melalui aplikasi saham mereka.

Tentu ini permintaan yang terbilang besar untuk saat ini, karena lender saham KPEI ini tampaknya belum banyak peminatnya. Tapi saya rasa beberapa tahun lagi ketika masyarakat sudah lebih mengerti fungsi lender ini, lebih banyak yang mau menjadi investor jangka panjang maka proses komunikasi antara 3 pihak (nasabah, perusahaan efek dan KPEI) akan menjadi lebih baik lagi.

adsense
- Advertisement -

Follow Us:

Support us:

Latest articles

Teknik Trading Sideways Untuk Menurunkan Average Price Dengan Dana Terbatas

Teknik apapun yang digunakan dalam memilih saham tidak menjamin saham yang kita beli harganya pasti naik. Tidak jarang harga sahamnya terus turun setelah kita...

Cara Menghindari Membeli Saham Gorengan

Ada sebuah pertanyaan yang menurut saya bagus, yaitu bagaimana mengetahui sebuah saham adalah saham gorengan atau bukan. Apakah saham gorengan berarti saham yang memiliki bandar...

Tips Terbaik Investasi – Baru Beli Sudah Untung

"Tips investasi terbaik tersebut dirangkum dalam satu kalimat sederhana yaitu "Baru beli sudah untung" Sang pembicara mengajarkan bahwa banyak orang yang sulit membedakan antara investasi...

Rangkuman Belajar Value Investing Untuk Investor Saham Pemula

Cukup banyak pertanyaan yang masuk tentang bagaimana cara melakukan analisa laporan keuangan. Sebenarnya ini adalah topik paling awal yang saya tulis. Tetapi karena tanpa...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here