Bagaimana Guru Investor Seperti Warren Buffet, Benjamin Graham, Peter Lynch Memilih Saham

The Guru Investor - How to beat the market using history's best investment strategies Tentu menjadi hal yang sangat menarik untuk belajar bagaimana Guru Investor Warren Buffet, Benjamin Graham, Peter Lynch memilih saham. Sehingga saya akan coba membuat rangkuman dari sebuah buku yang sangat bagus berjudul “The Guru Investor – How to beat the market using history’s best investment strategies.” karangan John P. Reese.

Buku ini berisikan bagaimana strategi para guru investor seperti Warren Buffet, Benjamin Graham, Peter Lynch dan banyak investor hebat lainnya dalam memilih saham. Investor yang ada di buku ini tergolong dalam kelompok value investor, dan mereka semua adalah investor sukses luar biasa.

Sehingga tentu sayang sekali jika pembaca investorsaham.id melewatkan isi buku yang sangat bagus ini. Untuk itu saya akan coba membuat artikel guru investor series yang merangkum dari buku ini dan memberikan penjelasan dengan cara saya.

Siapa Saja Guru Investing Yang Akan Kita Pelajari?

Guru investor di buku ini terbagi menjadi 3 kategori:

  • The Value Legends : berisikan ilmu investasi dari 4 legenda value investor, yaitu:
    • Benjamin Graham
    • John Neff
    • David Dreman
    • Warren Buffet
  • The Growth Legends : berisikan ilmu investasi dari 3 legenda growth investor, yaitu:
    • Peter Lynch
    • Kenneth L Fisher
    • Martin Zweig
  • The Pure Quants :  Berisikan ilmu investasi dari 3 legenda yang membuat formulasi quantitative untuk  pemilihan saham, yaitu:
    • James O’Shaughnessy
    • Joel Greenblatt
    • Joseph Piotroski

Stockbit Guru Screener

Pengguna fitur pro stockbit tentu tahu bahwa stockbit memiliki fitur sangat keren yang disebut stock screener. Stock screener ini bisa digunakan untuk melakukan screening saham berdasarkan kriteria yang kita inginkan.

Baca juga : Screening Saham ala Value Investor

Yang pernah menggunakan fitur stockbit screener, umumnya sadar bahwa stockbit memiliki default template screener para guru investor yang diberikan nama guru screener.

stockbit guru screener
stockbit guru screener

Menggunakan guru screener sangat mudah di stockbit. Tapi mengetahui logika pemikiran kenapa template yang digunakan berisi ratio dan angka parameter seperti demikian tidaklah mudah.

Menggunakan template screening saham Warren Buffet tidak menjadikan anda memiliki return seperti halnya Warren Buffet.

Inilah kenapa kita perlu belajar memahami lebih dalam pemikiran para guru investing ini agar kita bisa memiliki pemahaman dan mental yang sama dengan para guru investing ini. Siapa tahu jika Tuhan mengijinkan maka kita juga bisa menghasilkan return yang sama hebatnya dengan mereka.

Jadi selamat menikmati guru investing series ini, semoga bisa bermanfaat untuk diaplikasikan didalam investasi saham kalian. Dan jika nantinya artikel-artikel di portal ini dirasa bermanfaat, maka bisa bantu klik tombol untuk share ke sosial media kalian. Agar artikel di portal ini bisa bermanfaat ke lebih banyak orang.

adsense
- Advertisement -

Follow Us:

Support us:

Latest articles

Belajar Seasonality Saham Cyclical (Studi Kasus TBLA)

Pada tulisan kali ini saya mau membahas tentang seasonality pada saham cyclical sekaligus mengucapkan perpisahan pada TBLA. Seperti yang mungkin kalian tahu, TBLA adalah salah...

Bedah Laporan Keuangan ELSA (Elnusa)

Sudah lama saya tidak buat bedah laporan keuangan, kali ini saya akan membuat bedah laporan keuangan salah satu perusahaan yang lagi hype dibahas yaitu...

Catatan Untuk Influencer Saham

Akhir - akhir ini marak sekali influencer saham bermunculan. Baik dari investor pemula yang baru seumur jagung di pasar modal, pemuka agama, selebritas, dan...

Time is Not Money – Seminar CMSE Lo Kheng Hong

Time is Not Money adalah sebuah statement yang dilontarkan oleh Lo Kheng Hong dalam seminar CMSE (Capital Market Summit & Expo). Lo Kheng Hong ada...

Related articles

4 Comments

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here