in

Panduan Analisa Beta Saham IHSG

Analisa Beta Saham IHSG
Analisa Beta Saham IHSG

Kali ini saya mau membayar hutang untuk membahas tentang apa itu beta saham di IHSG. Permintaan pembahasan beta saham ini sudah cukup lama, tetapi karena kesibukan pekerjaan saya belum sempat membahas tentang beta saham.

Maka pada tulisan ini, saya akan membahas secara detail tentang beta saham dan apakah ini merupakan sebuah indicator yang berguna untuk investor atau tidak.

Apa Itu Beta Saham IHSG?

Beta saham IHSG adalah sebuah angka yang menunjukkan tingkat hubungan volatilitas saham dengan volatilitas bursa IHSG.

  • Angka 0 berarti pergerakan harga saham tersebut tidak memiliki hubungan dengan pergerakan bursa sahamnya.
  • Angka 1 menunjukkan bahwa saham memiliki tingkat volatilitas sama dengan pasar.
  • Angka lebih besar dari 1 menunjukkan bahwa saham memiliki tingkat volatilitas lebih tinggi dari pasar.
  • angka lebih kecil dari 1 menunjukkan bahwa saham memiliki tingkat volatilitas lebih kecil dari pasar.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat beberapa contoh dibawah ini

Contoh 1 – WIKA

Saham WIKA berdasarkan data Pefindo Beta Stock edisi 21 Agustus 2020 memiliki beta 2.31. Ini berarti kemungkinan naik turunnya harga saham WIKA memiliki dampak 2.31x dibandingkan pergerakan market. Jadi andaikata market naik 1% maka kemungkinan WIKA akan naik 2.31%. Mari kita lihat apakah hal tersebut benar?

Pada tanggal 27 October 2020 bursa saham tutup di -0.31%. Harga saham WIKA -0.82%. Penurunan harga saham WIKA sekitar 2.64x dari pergerakan IHSG. Tidak terlalu jauh berbeda bukan.

Contoh 2 – BBCA

Saham BBCA berdasarkan data Pefindo Beta Stock edisi 21 Agustus 2020 memiliki beta 0.89X. Jadi andaikata market naik 1% maka kemungkinan BBCA cuma naik 0.89%. Mari kita lihat apakah hal tersebut benar?

Pada tanggal 27 October 2020 bursa saham tutup di -0.31%. Harga saham BBCA -0.43%. Ternyata penurunan BBCA lebih besar daripada penurunan  harga IHSG. Ini berarti di hari tersebut BBCA sebenarnya memiliki Beta diatas 1.

Ini adalah sebuah contoh yang menggambarkan beta saham bukanlah sebuah angka ajaib yang selalu memberikan kepastian apakah saham akan bergerak naik turun sesuai dengan angka betanya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Data Beta Saham IHSG?

Saya tidak terlalu suka mengolah data secara manual terutama untuk data yang tidak memiliki korelasi terhadap laporan keuangan. Untuk mendapatkan data beta saham, kita bisa mendapatkannya di situs PEFINDO. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi web pefindo dengan klik link yang saya tautkan di tulisan ini.
  • Klik weekly untuk mendapatkan data beta terupdate. Klik historical jika ingin mendapatkan data beta dari minggu sebelumnya. Data Pefindo ini update per hari rabu.Analisa Beta Saham IHSG PefindoAnalisa Beta Saham IHSG Pefindo

Maka anda akan mendapatkan data yang anda inginkan dalam bentuk PDF file

Data Beta Saham IHSG Pefindo
Data Beta Saham IHSG Pefindo

Cara Memanfaatkan Data Beta Saham IHSG

Sejujurnya saya tidak menggunakan Beta saham sebagai kriteria yang saya gunakan dalam pembelian saham. Sebagai value investor, selama menemukan saham perusahaan bagus dan murah maka saya akan tertarik untuk membeli saham tersebut tanpa melihat data beta dari saham tersebut. Karena saya berinvestasi dalam jangka panjang maka data beta saham ini tidak terlalu relevan dengan saya yang tidak terlalu mempedulikan pergerakan harga saham saya dalam jangka pendek.

Tetapi sebenarnya Beta saham cukup bermanfaat untuk trader. Logika untuk menggunakan informasi beta saham adalah sebagai berikut:

  • Pilih data saham dengan beta bernilai tinggi jika anda yakin trend IHSG uptrend.
  • Pilih data saham dengan beta bernilai kecil atau negatif jika anda yakin trend IHSG downtrend tetapi anda tertarik untuk membeli saham tersebut. Sebenarnya sih kalau menurut saya akan lebih aman bagi anda untuk sabar menunggu bursa membaik jika anda yakin arah lagi downtrend.

Peringatan Dalam Menggunakan Data Beta Saham IHSG

Data beta saham IHSG hanya menunjukkan hubungan pergerakan harga saham terhadap pergerakan harga bursa IHSG. Data beta saham tidak menunjukkan informasi sama sekali apakah saham itu akan naik atau turun.

Untuk pemilihan saham yang dibeli tetaplah kembali kepada gaya investasi/trading anda. Jika anda seorang trader maka kembalilah kepada analisa teknikal untuk pemilihan sahamnya. Jika anda investor maka kembalilah kepada analisa fundamental untuk pemilihan sahamnya.

Saat ini ada 13 emiten yang memiliki beta diatas 2. Urutannya adalah sebagai berikut:

  1. PTPP 2.5X
  2. OMRE 2.4X
  3. WIKA 2.3X
  4. DOID – 2.263X
  5. PTSN 2.236X
  6. PGAS 2.28X
  7. INKP 2.21X
  8. TKIM 2.195X
  9. SMRA 2.161X
  10. KRAS 2.149X
  11. TINS 2.095X
  12. WIIM 2.090X
  13. ADHI – 2.00X

Dari 13 emiten dengan Beta tertinggi di IHSG saya rangkumkan beberapa data yang bisa digunakan untuk anda melihat apakah ada emiten yang kira – kira menarik atau tidak untuk anda.

NB: Warna hijau berarti urutan terbaik nomor 1 di parameter tersebut dan warna orange berarti urutan terbaik nomor 2 di parameter tersebut.

Data Keuangan Emiten dengan BETA saham tertinggi di IHSG per 21 October 2020
Data Keuangan Emiten dengan BETA saham tertinggi di IHSG per 21 October 2020

Follow me on:

What do you think?

Written by Thowilz

Saya adalah seorang value investor yang memiliki passion untuk mengajarkan teknik value investing kepada investor lainnya. Anda dapat membaca tulisan saya di stockbit (@thowilz), instagram, dan social media investorsaham.id lainnya.

Comments

Leave a Reply
  1. It’s a shame you don’t have a donate button! I’d definitely donate to this excellent blog!
    I guess for now i’ll settle for bookmarking and adding your
    RSS feed to my Google account. I look forward to new updates and will talk about this site with my
    Facebook group. Talk soon!

One Ping

  1. Pingback:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0