Cara Mencapai Financial Freedom

Apa itu Financial Freedom?

Setiap orang pada umumnya ingin meraih financial freedom. Saya pernah mencoba mengadakan survey kecil mengajukan pertanyaan kepada teman2 saya yang pemain saham, kenapa mereka saham?

Jawaban paling banyak terkumpul adalah:
1. Buat cari uang tambahan.
2. Biar cepet kaya.
3. Mau mencapai financial freedom.

Setelah itu saya coba liat teknik main saham yang mereka gunakan
1. Buat cari uang tambahan kebanyakan adalah day trader
2. Biar cepet kaya kebanyakan adalah pemain saham small caps
3. Mau mencapai financial freedom adalah investor jangka panjang

Financial freedom atau memiliki kebebasan secara finansial artinya kita memiliki pendapatan PASIF yang dapat membiayai GAYA hidup kita.

Jadi ada 4 kunci utama untuk meraih financial freedom dari pengertian diatas:
1. Memiliki PASSIVE INCOME
2. Agar return passive income besar maka diperlukan MODAL INVESTASI yang besar
3. Agar return passive income besar maka diperlukan %RETURN yang besar
4. Agar bisa biayai GAYA HIDUP kita, maka BATASI gaya hidup kita.

Tidak Harus Punya Penghasilan Besar Untuk Mencapai Financial Freedom

Saya kenal seorang wanita yang baru berumur 30 tahun, bukan pemain saham, karyawan biasa dan bukan bergaji tinggi. Orang ini sangatlah hemat dalam hidupnya. Dengan gaji yang tidak besar itu, dia rajin berinvestasi.

Dia tidak berinvestasi di saham, karena dia merasa tidak mengerti investasi di saham jadi dia lebih nyaman berinvestasi di deposito atau obligasi.

Dari jaman sekolah, dia rajin menyisihkan uang jajan, uang angpao ditabung, gaji ditabung dan selalu dimasukkan ke deposito dan obligasi, bunga deposito dan obligasi digulungkan terus menerus.

Saya tanya, berapa biaya hidup kamu satu bulan secara total. Dia jawab total biaya hidup dia dari bayar kos, transportasi, makan, dll. Maksimal dia habiskan 3jt per bulan, sisa uangnya dia selalu tabung dan investasikan.

Sampailah di 1 titik, total obligasi dan deposito dia sudah melebihi 1M sebelum usia 30 tahun. Dengan bunga anggap 6%/tahun. Maka return tahunan dia adalah 60jt per tahun atau 5jt per bulan.

- Advertisement -

Return investasi investasi dia per bulan sudah diatas kebutuhan biaya hidup dia per bulan, dia sudah achieve Financial Freedom diatas.

Dia hanya karyawan biasa, berinvestasi di instrumen investasi yg aman yg return kecil, dan gaji dia tidaklah besar.

Kunci Mencapai Financial Freedom

Jadi dari pengalaman hidup orang tersebut, maka jika dibuat priority kunci untuk meraih financial freedom dari paling utama adalah:
1. BATASI GAYA HIDUP
2. MiLIKI PASSIVE INCOME
3. PERBESAR MODAL INVESTASI
4. PERBESAR RETURN.

Banyak orang berinvestasi di saham justru fokus kepada poin ke 4 (perbesar return) dan malah melupakan 3 faktor lainnya

Kesimpulan

Jadi mungkin ini saatnya kita melakukan review pada diri kita. Apakah kita sudah berhasil mencapai topik yang lagi kita bicarakan di postingan ini?

Kalau belum bisa jadi ada yang salah dengan pemilihan prioritas kita. Bisa jadi kita lebih mementingkan gaya hidup kita dibandingkan masa depan kita.

Ketika SMA kita belajar fisika diajarkan tekanan berbanding lurus dengan gaya. Semakin tinggi gaya hidup kalian maka semakin tinggi tekanan dalam hidup kalian.

Jika kalian ingin belajar bagaimana berinvestasi saham secara aman anda bisa mengikuti panduan tentang value investing ini dari awal.

Baca juga : Value investing – Teknik Mencari Saham Bagus dan Murah.

Dan jika anda ingin mencari berapa banyak uang yang butuh diinvestasikan ataupun target return yang diharapkan untuk mencapai hal ini. Maka anda bisa mencoba menghitungnya menggunakan file compound interest yang ada di tulisan saya.

adsense

Baca juga : Teknik Investasi ala Albert Einstein

- Advertisement -

Follow Us:

Support us:

Latest articles

Kisah Inspiratif – Menggenggam Masalah

Bayu adalah seorang anak berusia 7 tahun. Dia sedang masuk ke ruang keluarga tempat dimana ayah dan ibunya sedang bersantai. Ketika sang ibu melihat...

Belajar Investasi Saham Dari Kenneth L Fisher

Kenneth Fisher adalah orang yang mempopulerkan tentang price to  sales ratio. Kebanyakan investor berpatokan pada price to earning ratio yang membandingkan harga saham dengan...

Belajar Kategori Saham Peter Lynch Dari Kisah Hidup Mike Tyson & Memilih Cerita Yang Tepat Untuk Kategori Saham

Seperti yang banyak orang tahu, Peter Lynch membagi saham menjadi enak kategori. Sudah banyak yang membahas tentang ini. Jadi saya mencoba menjelaskan dengan cara...

Belajar Lebih Dalam Tentang Saham Cyclical

Banyak orang yang memandang saham cyclical tidak cocok menjadi instrumen investasi karena ini merupakan investasi yang berisiko. Saya setuju sekali bahwa investasi di saham cyclical...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here