in

LoveLove

Tutorial Analisa Value Investing – Part 2 (Analisa Laporan Keuangan)

Tutorial Analisa Value Investing
Tutorial Analisa Value Investing

Untuk tutorial analisa value investing part 1 (screening dan menghitung valuasi) dapat di baca di postingan sebelumnya.

Baca juga : Tutorial Analisa Value Investing Part 1 (Screening & Valuasi)

Tahapan 3 – Melakukkan Analisa Laporan Tahunan

Perusahaan tentu akan tahu tantangan dan masalah apa yang dihadapi oleh perusahaan tersebut di tahun lalu dan tahun mendatang. Hal ini akan mereka tuliskan di dalam laporan tahunan (annual report). Sehingga tahapan selanjutnya dari tutorial analisa value investing ini adalah mebaca annual report.

Kita bisa melihat apakah manajemen perusahaan tersebut tipe yang mengumbar janji manis atau berpikir dengan logis. Saya lebih memilih berinvestasi ke manajemen perusahaan yang tipe kedua yaitu berpikir dengan logis.

Jangan terlalu panik, jika dalam laporan tahunan justru manajemen menyampaikan sebuah berita yang terdengar negatif. Bagi saya ini merupakan hal positif. Artinya manajemen perusahaan tersebut berpikir secara logis dan tidak cuma mengumbar janji manis.

Mendapatkan Laporan Tahunan

Untuk mendapatkan laporan tahunan, anda bisa ketik kode saham perusahaan anda di google. Nanti biasanya anda akan menemukan website masuk perusahaan tersebut.

Setelah masuk kedalam website perusahaan, maka cari bagia investor relations (hubungan investor). Disana biasanya anda bisa download annual report.

TBLA Investor Relations
TBLA Investor Relations

Mencari Informasi Dari Annual Report

Setelah berhasil download annual report. Maka langkah berikutnya adalah membaca annual report tersebut. Hal ini mungkin bukan hal yang menyenangkan untuk orang yang tidak hobi membaca. Tapi step ini adalah step akhir yang sangat penting. Disini adalah tahapan yang menentukan apakah anda akan membeli saham itu atau tidak.

Kalau anda mau menghabiskan waktu untuk mencari informasi dan review smartphone smartphone seharga jutaan – belasan juta rupiah sebelum membelinya. Maka sungguh disayangkan jika anda tidak mau meluangkan waktu setengah jam sampai satu jam untuk membaca annual report ini.

Tidak perlu membaca secara detail satu baris demi satu baris, tapi lakukan screening saja. Nanti lama – lama anda akan terbiasa untuk mengetahui bagian mana yang perlu anda baca untuk mendapatkan informasi yang berguna bagi anda.

Mari saya berikan contoh membaca annual report dari TBLA sebagai contoh.

Bisnis Gula TBLA

Walaupun TBLA terkenal dengan perkebunan sawitnya. Ternyata TBLA lagi serius mengembangkan bisnis gula. Sebelumnya saya tidak tahu hal ini, pikiran saya selama ini TBLA cuma berfokus pada produk dari sawit.

Bisnis gula TBLA
Bisnis gula TBLA

Disini manajemen berkeyakinan bahwa bisnis gula akan prospektif untuk kedepannya. Dan setahu saya gula merupakan salah satu bahan pokok yang sering diimpor oleh pemerintah.

Baca juga : detik.com – alasan pemerintah import gula

Saya memandang diversifikasi bisnis ke gula adalah hal baik. Karena seperti yang kita tahu eropa masih melakukan block untuk CPO kita. Strategi TBLA yang mulai fokus ke pengelolaan bisnis downstream merupakan hal baik. Sehingga ketika TBLA merubah sektor dari AGRI menjadi CONSUMER ini merupakan hal positif bagi saya.

Umur Produktif Perkebunan TBLA

Seperti yang kita tahu, hari ini kita menanam benih di kebun kita maka besok kita tidak bisa langsung panen. Kita butuh waktu beberapa lama untuk menunggu sampai tanaman yang kita tanam bisa menghasilkan. Ini yang disebut umur produktif.

Umur Produktif Kebun TBLA
Umur Produktif Kebun TBLA

Dari annual report kita bisa melihat ternyata cukup besar lahan TBLA yang masih belum produktif. Jika nanti sudah produktif, artinya kebun tersebut akan menghasilkan. Jumlah produksi lebih banyak artinya jumlah penjualan semakin besar. Jumlah penjualan semakin besar artinya jumlah untung semakin besar.

Jumlah untung semakin besar artinya dividen dan capital gain semakin besar. Bagi saya tentu ini berita baik. Dengan kondisi sekarang saja kinerjanya sudah cukup baik apalagi nanti jika lahan produktif semakin bertambah.

Keterlambatan Kuota Impor

Salah satu hal yang menjadi catatan adalah penurunan laba dan operating cashflow yang signifikan.

Didalam annual report, manajemen TBLA menjelaskan  bahwa ada keterlambatan memperoleh kuota impor. Karena kesalahan operasional sehingga terlambat memperoleh kuota impor, maka menjadikan perusahaan terlambat mendapatkan pasokan supply dan penjualan menjadi terhambat.

Keterlambatan kuota import TBLA
Keterlambatan kuota import TBLA

Akhirnya kita menemukan alasan kenapa terjadi penurunan sales, laba dan operating cashflow. Penyebabnya adalah kesalahan operasional, dan sesuatu yang harusnya bisa dijadikan pelajaran dan tidak terjadi lagi di kedepan hari.

Peningkatan Hutang

Yang menjadi faktor paling menakutkan untuk berinvestasi pada TBLA adalah ratio hutangnya yang panjang.

Didalam annual report ini kita bisa mendapatkan informasi kenapa TBLA memiliki ratio hutang yang besar.

Manajemen menuliskan hutang jangka panjang mengalami peningkatan karena penerbitan hutang jangka menengah dan hutang obligasi.

Peningkatan hutang jangka menengah TBLA
Peningkatan hutang jangka menengah TBLA

Lalu saya mencoba mencari informasi lebih detail lagi terkait hutang ini. Maka saya mendapatkan informasi bahwa perusahaan menerbitkan obligasi 3 triliun rupiah. Dimana pembayaran dimulai  dari maret 2008 hingga maret 2023 (durasi 5 tahun). Hal ini akan menjadi tantangan untuk arus kas dan profitabilitas TBLA untuk 5 tahun kedepan.

Obligasi 2018 TBLA
Obligasi 2018 TBLA

Ini contoh dari melakukan analisa annual report. Banyak informasi yang tidak bisa kita dapatkan dari laporan keuangan suatu perusahaan. Inilah kenapa annual report menjadi tahapan akhir yang harus dilewati.

Ada beberapa perusahaan yang saya analisa berhasil lolos hingga tahap kedual dalam tutorial value investing ini. Tapi sayangnya harus gugur di tahap akhir ini, karena ditemukan beberapa hal keanehan.

Jadi jangan pernah malas membaca annual report. Karena ini penting dan lama – lama menjadi hal yang menyenangkan.

Tahapan 4 – Mengambil Keputusan

Setelah melakukan tahapan satu sampai tiga dalam tutorial analisa value investing ini. kita sudah mendapatkan berbagai informasi terkait perusahaan yang akan mau kita beli.

Jadi mari kita coba buat kesimpulan apakah kita akan membeli perusahaan ini atau tidak.

Kesimpulan:

  • Perusaahan ini dijual dibawah harga wajar –> merupakan suatu hal yang bagus.
  • Hal negatif yang harus di highlight:
    • Revenue 2018 mengalami penurunan, karena keterlambatan kuota import.
    • Net profit 2018 mengalami penurunan, karena keterlambatan kuota import dan peningkatan biaya bunga pinjaman
    • Net profit margin dibawah 10%, karena besarnya biaya bunga pinjaman
    • DER yang tinggi, karena penerbitan obligasi baru di tahun 2018
    • Hutang jangka panjang melebih current asset, karena penerbitan obligasi baru
    • Quality earning negatif, karena saldo piutang yang besar. Tapi angka bad debt tidak jelek di kisaran 1,5% sehingga tidak terlalu menjadi masalah.
  • Dari hal negatif ini permasalahan utama ada di 2 hal:
    • Keterlambatan kuota import, sesuatu yang menurut saya harusnya bisa dijadikan pelajaran. Sehingga bisa dicegah terjadi lagi di masa depan. Sehingga saya tidak memandang masalah ini sebagai masalah besar.
    • Penerbitan obligasi dalam jumlah besar, ini menjadi pertimbangan besar untuk saya. Karena ini akan menjadi tekanan untuk profitabilitas dan cashflow perusahaan untuk 5 tahun kedepan.
  • Tetapi jika dilihat perusahaan ini masih membagi dividen, EPS growth yang pertumbuhan bagus, harga yang murah. Dan yang paling membuat saya tergoda adalah nilai fixed asset yang hampir 2X dibandingkan dengan market cap perusahaan ini akhirnya membuat saya tetap berinvestasi di TBLA.

Kesimpulan

Bagaimana, apakah seru melakukan analisa ala value investing? Tentu untuk diawal akan terasa menakutkan karena cukup banyak informasi yang perlu kita analisa. Tapi percayalah ketika kalian sudah melewati analisa 20 perusahaan, kalian akan mulai terbiasa dan ini menjadi menyenangkan.

Apakah setiap orang harus setuju dengan analisa kita? tentu tidak. Tiap orang tentu memiliki pemikiran berbeda dan tidak harus sama dengan kita.

Seperti halnya bedah analisa laporan keuangan TBLA ini. Walaupun saya mengambil keputusan berinvestasi di TBLA tapi saya yakin banyak yang tidak setuju. Saya pun juga memandang ini sebagai investasi yang cukup berisiko karena besarnya ratio hutang perusahaan ini.

Tapi jika membaca tulisan saya tentang screening saham. Teman – teman akan tahu, bahwa saya sangat suka membeli perusahaan yang banyak gratisan nya. Dan TBLA memiliki faktor itu, ditambah lagi kemampuan profitabilitas yang baik dan potensi bertumbuhnya perusahaan jika lahan tidak produktif sudah menjadi produktif.

Apakah saya benar atau tidak, jujur saya tidak tahu. Jika nanti saya untuk besar artinya analisa saya benar. Dan jika saya rugi besar artinya analisa saya salah. Segampang itu untuk melihat pembuktian apakah analisa ini  benar atau salah.

Dan karena saya membeli saham ini di 2019, dengan target holding period maksimal 5 tahun maka mari kita lihat 2024 apakah TBLA berhasil melewati 1.500 atau malah menjadi 500.

Untuk yang mau panduan dalam bentuk PDF yang lebih detail bagaimana cara mendapatkan angka – angkanya bisa download di  Link Download PDF Tutorial

Untuk yang mau mendapatkan template excel file untuk membantu kalian melakukan analisa silahkan download di Link Download Template Excel File

Follow me on:

What do you think?

Written by Thowilz

Saya adalah seorang value investor yang memiliki passion untuk mengajarkan teknik value investing kepada investor lainnya. Anda dapat membaca tulisan saya di stockbit (@thowilz), instagram, dan social media investorsaham.id lainnya.

Comments

Leave a Reply
  1. Tulisan di blog ini biasanya tidak diberikan secara gratis, banyak pelatihan berbayar untuk tutorial value investing yang isinya seperti ini. Tulisan yang dibuat intuitif membuat pembaca bertanya-tanya dalam proses analisis suatu perusahaan. Terima kasih Bang Thomas, blog ini merupakan blog baru favorit saya yang berisi ilmu faktual dan kritis.

    Sayangnya blog belum cukup populer sebanding dengan konten yang menarik. Bisa ditambahin SEO Bang biar traffic naik

    Salam.

  2. Hello! I just wanted to ask if you ever have any trouble with hackers?
    My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing months of
    hard work due to no data backup. Do you have any solutions to protect against hackers?

  3. Your style is very unique in comparison to other folks I’veread stuff from. I appreciate you for posting when you have the opportunity, Guess I will justbook mark this blog.

  4. Hey There. I found your blog using msn. This isa really well written article. I will be sure to bookmark it and return to read more of your useful information. Thanks for thepost. I will definitely return.

  5. I have to thank you for the efforts you’ve put in writing this blog. I am hoping to see the same high-grade content by you in the future as well. In truth, your creative writing abilities has encouraged me to get my very own blog now

  6. วันนี้ถ้าเกิดต้องการจะพนันบอล ไม่ว่าจะเป็นบอลผู้เดียว บอลสเต็ป บอลสด ก็สามารถทำเป็นง่ายๆโดยไม่ต้องเดินทางไปโต๊ะบอลให้ยุ่งยาก แค่เพียงเข้ามาที่ UFABET คุณก็สามารถร่วมสนุกสนานกับเราได้ทันที ฝากถอนอัตโนมัติไม่ยุ่งยากสะดวกรวดเร็วทันใจไม่เป็นอันตราย

  7. best rated cbd oil for dogs says:I want to to thank you for this fantastic read!! I absolutely loved every bit of it. I have got you book-marked to look at new things you post…Reply 06/09/2020 at 4:48 am

  8. It’s really a nice pussy Big labia and Clits useful pіece of information. I am glaԁ that you shared this useful infowіth us. Pⅼease stay us informed like this. Thanks for sharіng.

  9. Trực Tiếp đá Bóng Thời Điểm Hôm Nay, Links Xem đá Bóng Trực Tuyến 24h vn2.7m.cnĐội tuyển chọn Việt Nam chỉ cần một kết trái hòa có bàn thắng để lần loại hai góp mặt tại World Cup futsal. Nhưng, để làm được điều đó

  10. 老妇XXXⅩBBBBWWW真实处破女刚成年av阴茎放进阴道视频角色扮演xxxxx有没有欧美黄色带乌否认国防情报总局局长遇袭46岁老女日逼ⅩⅩⅩⅩⅩ性BBFreeXXXXXX国产精品幼女老师用美足丝脚夹我好爽免费操B在线A片潭州教育黑j粗大美女性交姿势one piece被黄漫弯刀Free熟妇丰满tubeSeX甘雨けんじゃたいむmana原神の友人は北条麻妃~仆と志村玲子肥臀久久姐姐时间限制纲手大胸japan内窥video斗罗大陆小舞爆乳黄3D漫画3D Hentai字幕AV无码ShayFoxVideos在线播放 https://xxxporno.win/ 养花养得好的女人老熟女重囗味HDXX88露脸出轨里番工口绅士里番库ACG色香影视天天影视人与交视频bbw2 请结合自身实际,谈谈如何以实际行动早日加入中国共产党女生插小穴视频超薄肉色丝袜交足雷电将军被狂操性欧美frees粗又长SM女王耳光狂打贱狗欧美妇女的BB催眠性指导一欧美性爱199青青草原内射姬大作战正面的大欧派怎么画Hentai雷电将军3D成人性生活新华夏帝国欧美熟女多水斗罗大陆之邪神的婬虐美女吃J8Chinese粉红嫩B露出欧美男女肏逼图片XXXX性少妇玉蒲团Ⅲ艳乳欲仙欲死小说

  11. Hello! I know this is somewhat off topic but I was wondering if you knew where I could find a captcha plugin for
    my comment form? I’m using the same blog platform as yours and I’m having
    problems finding one? Thanks a lot!

  12. I am really impressed with your writing skills as well as with the layout on your blog.Is this a paid theme or did you modify it yourself?Either way keep up the excellent quality writing, it’s rareto see a great blog like this one these days.

  13. sildenafil online paypal [url=http://sildenafil.win/#]sildenafil 200mg price[/url] sildenafil citrate tablets 100mg

  14. Incredible! This blog looks exactly like my old one!It’s on a totally different subject but it has pretty much the samelayout and design. Great choice of colors!

  15. Hello There. I found your blog using msn. This is a really neatly written article. I’ll make sure to bookmark it and come back to learn more of your useful info. Thanks for the post. I will definitely comeback.

  16. An interesting discussion is worth comment. I think that you ought to publish more about this subject matter, it may not be a taboo matter but typically people don’t talk about these topics. To the next! All the best!!

  17. Hi there i am kavin, its my first occasion to commenting anyplace, when i read this post i thought i could also make comment due to this good paragraph.

  18. Hello there! I simply want to offer you a huge thumbs up for the excellent information you have got right here on this post. I will be coming back to your blog for more soon.

  19. Hello There. I found your blog using msn. This is an extremely well written article. I’ll make sure to bookmark it and return to read more of your useful information. Thanks for the post. I will definitely comeback.

  20. Aw, this was an exceptionally nice post. Taking the time and actual effort to create a superb article… but what can I say… I procrastinate a lot and don’t manage to get nearly anything done.

  21. Hey! This post couldn’t be written any better! Reading this post reminds me of my previous room mate! He always kept chatting about this. I will forward this article to him. Pretty sure he will have a good read. Thanks for sharing!

  22. Wonderful beat ! I wish to apprentice while you amend your website, how can i subscribe for a blog web site?
    The account helped me a acceptable deal. I had been a
    little bit acquainted of this your broadcast offered bright clear
    concept

  23. I like the helpful information you provide to your articles.
    I will bookmark your blog and take a look at again here
    regularly. I’m relatively sure I’ll be informed plenty of new stuff right here!
    Best of luck for the next!

  24. When I originally commented I appear to have clicked
    the -Notify me when new comments are added- checkbox and now whenever a
    comment is added I recieve four emails with the same comment.
    There has to be an easy method you are able to remove me from that service?
    Appreciate it!