Tips Menghasilkan Return Saham Lebih Besar dan Lebih Cepat Dari Game Clash Of Clans

Siapa yang baca tulisan ini tidak pernah main game Clash of Clans? Saya cukup yakin 60% pembaca tulisan ini pernah main game clash of clans. Mungkin ada beberapa kecanduan, sampai mendengar suara kas nya langsung nengok. Mungkin ada yang kehabisan puluhan juta atau hingga ratusan juga untuk menjadi sultan di game ini.

Apa mungkin kalian pernah diteror via telpon oleh teman-teman clans kalian karena lupa attack ketika lagi war dan kondisi skor sangat tipis. Banyak hal yang mengenang dari game ini walau mungkin saat ini sudah sedikit orang yang masih bermain di game Clash of Clans ini.

Sebenarnya ada hal-hal yang kalian bisa pelajari didalam game clash of clans ini yang berkaitan dengan kegiatan investasi saham kita. Tentunya bukan donate barbarian dan minta di donate Gogon (Dragon) oleh teman kalian. Itu namanya PELIT.

Cara Mengumpulkan Uang Didalam Clash Of Clans

Didalam game ini, kalian bisa mengumpulkan uang dengan dua cara:

  1. Menyerang markas musuh dan mengambil uangnya.
  2. Mengumpulkan uang dari Gold Mine.

Untuk kali ini saya akan lebih konsentrasi untuk membicarakan cara kedua, yaitu mengumpulkan uang dari Gold Mine alias tambang emas, ya setiap waktu akan menghasilkan gold yang dibutuhkan untuk membuat pasukan atau upgrade building.

Gold Mine Clash of Clans
Gold Mine Clash of Clans

Gold mine ini bisa diupgrade levelnya. Semakin tinggi level dari gold mine ini maka uang yang dihasilkan akan semakin BESAR. Ini kenapa para gamer clash of clans akan selalu berusaha upgrade buiding yang mereka punya termasuk gold mine ini.

Clash of Clans - Gold Mine Level
Clash of Clans – Gold Mine Level

Jika kita lihat table diatas ketika gold mine mau diupgrade dari level 1 ke level 2 itu cuma membutuhkan waktu 10 detik saja. Sehingga kapasitas maksimum gold yang bisa ditampung naik dari sebelumnya 500 gold menjadi 1.000 gold dan production rate meningkat dari 200/jam menjadi 400/jam.

Tapi coba kita lihat ketika dari level 13 naik ke level 14, maka waktu upgrade yang dibutuhkan menjadi 5 hari. Tetapi kapasitas maksimum gold menjadi 300.000 dan production rate menjadi 5.600/jam.

Jadi didalam game cash of clans ini sendiri mengajarkan kita butuh waktu untuk bersabar jika ingin menghasilkan gold yang lebih besar. Untuk orang yang ga sabar silahkan menggunakan / membeli gem dengan uang asli. Hanya sultan yang bisa tidak sabar tapi menghasilkan production rate gold menjadi banyak dalam waktu cepat.

Jadi Apa Hubungan Clash Of Clans Dengan Investasi Saham?

- Advertisement -

Sebenarnya di game apapun yang sejenis, kita juga diajarkan untuk selalu membutuhkan waktu untuk bisa membuat produksi uang yang besar. Hebatnya kita mengerti aturan itu dan mau tetap mengikuti aturan tersebut didalam video game yang kita mainkan (karena terpaksa). Tetapi ketika sudah kembali ke dunia nyata, kita tidak mau memiliki kesabaran yang sama seperti halnya di video game.

Padahal jika kita memiliki kesabaran, maka kita bisa menghasilkan return yang lebih besar, lebih cepat dan konsisten. Berita gembiranya bahkan return anda akan jauh lebih besar daripada seorang trader profesional dan trik ini bisa digunakan oleh siapapun. Bahkan jika anda tidak mengerti membaca laporan keuangan atau chart saham.

Caranya sangat simpel yaitu berinvestasi pada saham perusahaan bagus dan simpan saham perusahaan bagus itu dalam jangka waktu panjang. Maka kemungkinan anda akan memiliki return tahunan luar biasa besar setelah berinvestasi dalam jangka panjang. Tidak percaya? mari lihat simulasi dibawah ini

Simulasi Investasi Jangka Panjang

Chart BBRI
Chart BBRI

Mari kita coba lihat BBRI di januari 2008, harga sahamnya adalah di kisaran 625. Setelah itu bahkan harga saham BBRI ini sempat turun hingga 336. Ini adalah penurunan sebesar -46%. Terdengar menyeramkan bukan, mungkin sama seramnya seperti yang kita rasakan di maret 2020 ini.

Harga per hari ini saya menulis, BBRI ada di harga 3.100. Ini berarti jika anda simpan saham BBRI dari januari 2008 hingga sekarang, maka anda sudah mendapatkan kenaikan harga saham sebesar 396% dalam waktu 13 tahun (saya bulatkan keatas) TANPA menghitung dividen yang diberikan. Ini berarti average return sebesar 30% pertahun TANPA menghitung dividen.

Terakhir kali BBRI sendiri membagikan dividen sebesar 168 rupiah. Jika januari 2008 anda membeli sahamnya seharga 625, maka dividen “cuma” 168 rupiah ini sebenarnya sebesar 26%. Jadi mari berhitung malas dan bodoh saja, jika anda gabungkan dengan dividen maka ini berarti anda meraih keuntungan sebesar 56% setahun SETELAH memperhitungkan dividen. Saya rasa tidak mudah mendapatkan profit sebesar itu secara konsisten jika kita melakukan trading, APALAGI jika kita menggunakan BIG MONEY.

Kenapa saya menggunakan contoh BBRI, karena ini perusahaan bagus yang semua orang tahu dan ini bukan tipikal saham yang dibilang murah (value investing). Jadi siapapun pasti tahu bahwa saham ini adalah perusahaan bagus. Sama halnya jika anda lihat BBCA, UNVR, ICBP, SIDO, ULTJ dan banyak saham perusahaan bagus lainnya.

Hal yang menarik lagi, mari kita berasumsi saham BBRI dari 3100 ini naik 10%, maka ini berarti kenaikan sebesar 310 point. 310 point ini senilai kenaikan 49.6% dari harga 625. Artinya kenaikan harga saham saat ini memiliki kenaikan profit sebesar hampir 5x terhadap harga saham lama kita. Apakah tidak terdengar enak investasi seperti ini?

Apakah Perusahaan Bagus Pasti Naik Dalam Jangka Waktu Panjang?

Berikutnya akan muncul pertanyaan bagaimana kita bisa tahu bahwa BBRI akan naik sejauh ini, bagaimana kalau turun? Inilah kenapa saya ambil harga januari 2008 bukan ambil harga di akhir 2008 ketika harga BBRI dibawah 300. Saya ingin menunjukan perusahaan BAGUS pun bisa turun tajam di short period. Saham bagus bisa mengalami turun tajam, jadi kalau anda MEMANG ingin berinvestasi maka simpan dan lupakan anggap anda membayar BPJS atau dana pensiun anda. Ini adalah cara investasi yang luar biasa canggih dan cocok selama anda bisa memiliki penghasilan. Tapi jika anda sudah mendekati usia pensiun, maka saran saya ikuti portofolio 4 musim dari Ray Dalio.

Baca Juga: Portofolio 4 musim Ray Dalio

Saham perusahaan bagus bisa TURUN tetapi seiring waktu dengan bagusnya kinerja dia dan terus menjadi market leader, maka performance sahamnya terus bertumbuh. Ini kenapa orang suka mengambil aliran GROWTH INVESTING. Karena sungguh tidak merepotkan untuk switch saham seperti VALUE INVESTING yang akan mengganti ke saham lain jika saham yang dikoleksinya sudah dihargai terlalu mahal.

Mari kita ambil beberapa market leader yang sama-sama kita tahu dan kita lihat kinerja sahamnya dalam jangka panjang. Saham-saham ini terkenal memiliki valuasi mahal dan bukan tipikal value investing yang lebih rumit untuk dicari.

  • Raja Consumer Goods, si mahal UNVR januari 2008 di harga 1.385 dan sekarang menjadi 8125. Ini kenaikan sebesar 486% dalam waktu 13 tahun. Atau kenaikan rata-rata sebesar 37.4% pertahun tanpa menghitung dividen. Perusahaan ini terakhir kali membagi dividen sebesar 430, ini senilai 31% dari harga pembelian januari 2008. Artinya return tahunan anda jika mengacu ke harga 2008 maka memiliki total 68.4% pertahun.
  • Raja Consumer Banking, si mahal BBCA januari 2008 di harga 3.300 dan sekarang menjadi 30.600. Ini kenaikan sebesar 827% dalam waktu 13 tahun. Atau kenaikan rata-rata sebesar 63% pertahun tanpa menghitung dividen. Perusahaan ini terakhir kali membagi dividen sebesar 455, ini senilai 13.7% dari harga pembelian januari 2008. Artinya return tahunan anda jika mengacu ke harga 2008 maka memiliki total 69.7% pertahun.

Perumpamaan Macan dan Tupai

MACAN
MACAN

Macan adalah binatang buas yang hobi berburu. Ketika lapar maka mereka pergi berburu mangsa. Apa yang terjadi dengan macan saat ini? Macan masih ada tetapi kebanyakan berada didalam kandang kebun binatang.

TUPAI
TUPAI

Mari kita lihat Tupai, binatang ini walau sering diburu dan disantap manusia. Mungkin yang tinggal di Sumatra penikmat daging hewan lucu ini. Tupai ini hobi menyimpan bahan makanan di pohon tempat dia bermukim. Walau tupai ini harus pergi ke alam liar untuk mengumpulkan bahan makanan dan diburu. Tapi tupai ini masih survive dan masih mudah ditemui di alam liar.

Jadi apakah anda mau menjadi macan yang sering berburu untuk mencari makanan dan hampir punah atau mau menjadi tupai yang gemar menabung sehingga bisa survive maka itu akan menjadi pilihan anda.

Mana yang lebih keren? Tentu menjadi macan. Tapi siapa yang lebih cepat punah? Tentu juga si macan.

Kesimpulan

Tulisan ini saya buat karena teman-teman saya bertanya bagaimana cara terbaik untuk mempersiapkan dana pendidikan bagi anaknya yang kecil. Apakah sebaiknya membeli asuransi pendidikan? Yang langsung saya tidak setujui, karena itu anda membeli produk seperti unit link. Seperti yang mungkin kalian tahu, saya bukan pendukung instrumen unit link ataupun reksadana saham.

Baca juga: Mohon Maaf, Saya Tidak Tertarik Unit Link

Anda tidak perlu memiliki kemampuan menghitung valuasi ataupun membaca laporan keuangan untuk melihat yang mana perusahaan yang bagus. Bisa jadi anda adalah pengguna setia produk dari perusahaan tersebut. Jika anda saja setia menggunakan produk dari perusahaan bagus ini, bisa jadi banyak orang lain yang menggunakan produk yang sama dengan anda. Jika banyak orang yang menggunakan produk tersebut, maka artinya bisnis dari perusahaan bagus tersebut terus bertumbuh.

Walau saya seorang value investor yang hanya membeli saham perusahaan BAGUS dan MURAH, saya tidak pernah menentang orang yang membeli saham perusahaan BAGUS tapi MAHAL jika orang tersebut memang mau menabung saham.

- Advertisement -

Dalam menabung yang kita lakukan adalah setor dan diamkan, ada uang setor lagi dan diamkan. Anda akan meraih keuntungan yang bagus di masa depan dan mengalahkan return para profesional di bursa saham. Tidak ada sihir dibalik return tinggi tersebut, caranya cuma tiga langkah:

  • Pilih perusahaan bagus (kalau saya tambahkan MURAH, tapi untuk ini butuh skill. Jadi kalau malas belajar maka setidaknya beli perusahaan bagus).
  • Beli ketika ada uang menganggur
  • Diamkan, dan ambil ketika pensiun atau rencana dana anda akan digunakan (misalkan untuk kuliah anak).

Ini strategi investasi paling simpel, hasil besar, tidak bikin pusing dan anda tetap memiliki banyak waktu karena tidak perlu monitoring pergerakan market.

 

 

adsense
- Advertisement -

Follow Us:

Support us:

Latest articles

Kisah Inspiratif – Menggenggam Masalah

Bayu adalah seorang anak berusia 7 tahun. Dia sedang masuk ke ruang keluarga tempat dimana ayah dan ibunya sedang bersantai. Ketika sang ibu melihat...

Belajar Investasi Saham Dari Kenneth L Fisher

Kenneth Fisher adalah orang yang mempopulerkan tentang price to  sales ratio. Kebanyakan investor berpatokan pada price to earning ratio yang membandingkan harga saham dengan...

Belajar Kategori Saham Peter Lynch Dari Kisah Hidup Mike Tyson & Memilih Cerita Yang Tepat Untuk Kategori Saham

Seperti yang banyak orang tahu, Peter Lynch membagi saham menjadi enak kategori. Sudah banyak yang membahas tentang ini. Jadi saya mencoba menjelaskan dengan cara...

Belajar Lebih Dalam Tentang Saham Cyclical

Banyak orang yang memandang saham cyclical tidak cocok menjadi instrumen investasi karena ini merupakan investasi yang berisiko. Saya setuju sekali bahwa investasi di saham cyclical...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here