in

Time is Not Money – Seminar CMSE Lo Kheng Hong

TIme is Not MOney - Lo Kheng Hong
TIme is Not MOney - Lo Kheng Hong

Time is Not Money adalah sebuah statement yang dilontarkan oleh Lo Kheng Hong dalam seminar CMSE (Capital Market Summit & Expo).

Lo Kheng Hong ada bilang berapapun uang yang dimiliki oleh Warren Buffet, tetap saja Warren Buffet tidak bisa membeli waktu. Jadi jika ada orang yang bilang Time is Money itu salah. Waktu lebih berharga daripada uang. Time is Not Money.

Mari saya jelaskan beberapa keajaiban waktu sampai kita bilang waktu lebih berharga dari uang. Saya tidak akan membahas secara klise bahwa kita tidak bisa memutar waktu kembali untuk memperbaiki kesalahan kita di masa lalu.

Karena pembaca tulisan ini adalah mayoritas pelaku pasar modal, maka saya akan menjelaskan dengan penjelasan yang diharapkan oleh para investor, yaitu kaitkan dengan uang.

Tidak Ada Ilmu Yang Bisa Memberikan Anda Jaminan Return Besar, Waktu Bisa Memberikan Jaminan Tersebut.

Didalam tulisan saya yang berjudul “Belajar Meningkatkan Return Saham Lebih Besar dan Lebih Cepat dari Game Clash of Clans” saya ada menuliskan bahwa:

  • Jika anda beli BBRI di Januari 2008 anda beli di harga pucuk 625. Hari ini BBRI berada di 4.160 atau sudah mengalami kenaikan 560% dalam 12 tahun investasi. Itu berarti anda mendapatkan average return 46% pertahun. Sungguh bukan hal yang jelek bukan. Saya rasa tidak mudah mendapatkan average return setinggi itu secara konsisten walaupun anda adalah seorang trader jempolan. Bahkan seorang trader superstar seperti Jim Simmons “hanya” bisa menghasilkan average return 39% pertahun.
  • Average return yang saya sebutkan diatas masih belum memperhitungkan dividend. Karena saya malas olah data total dividend BBRI yang didapatkan selama 12 tahun tersebut. Jika anda membeli di harga 625 maka pada tahun 2020 ini anda mendapatkan dividend sebesar 168 rupiah. Itu adalah dividend sebesar 26.8% dari harga pembelian 625.
  • Jika BBRI naik 1% dari 4.160 ke harga 4.200 atau kenaikan sebesar 40 point. Itu berarti sama dengan kenaikan 6.4% dari harga pembelian 625. Yang membeli hari ini mendapatkan profit 1% dan anda mendapatkan profit 6%. Time is Not Money.
  • Waktu adalah cheat sesungguhnya didalam pasar saham. Tidak ada yang bisa mengalahkan sang waktu asalkan ya anda membeli perusahaan bagus yang berharga murah.
  • Jelas aja BBRI untung tinggi. Kalau sekarang BBRI harga 625 semua orang akan gadai kolor untuk beli saham tersebut. Tahukan anda ketika tahun 2008 BBRI sempat turun dari 625 ke harga 336, itu artinya anda mengalami penurunan sebesar -46% dari total modal anda di tahun itu.
  • Saya rasa mungkin ditahun itu orang pada bilang kita akan kembali ke krisis 1998 dan banyak pesimisme yang muncul. Waktu tidak pernah mengkhianati perusahaan bagus dan murah. Lihat saja contoh lain yang saya berikan di tulisan tersebut seperti UNVR, BBCA atau silahkan lakukan riset sendiri perusahaan bagus dan murah lainnya. Anda akan mengagumi betapa hebatnya sang waktu.ย Time is Not Money.

Andai Ronald Wayne Tidak Menjual Saham Apple

Anggaplah saat ini IHSG memiliki market cap senilai 6.500 Triliun rupiah. Jadi jika anda memiliki uang 6.500 triliun rupiah anda dapat menjadi penguasa semua emiten yang listing di IHSG saat ini. Sungguh uang yang sangat banyak bukan.

AAPL (Apple Inc) produsen dari smartphone Iphone saat ini memiliki market cap senilai 2.2T USD. Jika kita menggunakan kurs USD 14.000 rupiah saja maka itu senilai dengan market cap 30.800 Triliun rupiah. Market cap AAPL lebih dari 4X market cap semua perusahaan yang listing di IHSG.

Pada tahun 1976, ada seorang bernama Ronald Wayne. Bisa dibilang dia adalah salah seorang pemilik saham Apple generasi pertama. Ronald Wayne memiliki 10% saham Apple.

Pada tahun yang sama dia menjual 10% saham Apple seharga 800 USD. 10% dari market cap 2.2T USD adalah 220B USD. Itu adalah peningkatan sebesar 27.499.999.900% dalam waktu 44 tahun. Semoga saya tidak salah menuliskan jumlah digitnya. Sudahlah saya tidak mau menghitung berapa average return pertahunnya.

Tapi kalau Ronald Wayne tidak jualn sahamnya, maka tidak ada investor lain yang masuk. Apple tidak bisa bertambah besar seperti sekarang. Andaikata dia masi memiliki 1% atau 0.1% mungkin keluarga dia sudah sekaya Bruce Wayne Batman di dunia nyata.

Untuk kasus ini memang tidak bisa diasumsikan sama untuk semua perusahaan, karena kebanyakan perusahaan startup mati di 5 tahun pertama. Jadi sebenarnya manusiawi Ronaldy Wayne menjual saham startup berisi 2 anak muda yang bukan siapa-siapa itu.

Tetapi kembali lagi, jika anda berinvestasi pada perusahaan bagus maka waktu akan menjadi sahabat anda yang luar biasa. Time is Not Money.

Apa Sih Artinya 1 Tahun?

Banyak orang yang tanya ke saya. Apakah saya mau mengajarkan trading? Saya jawab tidak.

Apakah saya masih ada trading? Ya, sesekali saya ada menyalurkan hasrat trading. Jika ketemu transaksi menarik ya saya masuk. Tapi itu tidaklah sering. Hampir semua dana saya ada di investasi.

Lalu kenapa saya tidak mau mengajarkan untuk trading? Satu sisi, saya ga jago-jago banget dalam trading. Saya rasa di stockbit banyak sekali yang lebih jago trading daripada saya. Ketika saya mulai menulis di stockbit, saya melihat masih sedikit yang membahas value investing dan valuasi saham.

Saya pribadi meyakini investasi jangka pada perusahaan bagus dan murah adalah cara investasi paling aman dan nyaman. Sebuah pilihan metode investasi yang sebenarnya cocok untuk semua orang.

Itu kenapa saya belum ada ketertarikan untuk memberikan edukasi trading.

Kenapa anda harus investasi sedini mungkin? Mari kita belajar apa makna 1 tahun bagi anda.Table Compound Interest - 1 Juta

Jika anda memulai investasi dengan menyisihkan uang 1 juta perbulan dengan asumsi return 20% pertahun. Maka di 20 tahun kemudian uang anda menjadi 2.6M rupiah. Dimana anda mendapatkan return tahunan sebesar 448 juta rupiah. Sehingga return bulanan anda sekitar 37 juta rupiah.

Anda memiliki return bulanan sebesar 37x dari uang yang anda setorkan perbulan jika anda berinvestasi jangka panjang.

Berapa uang anda di tahun ke 21? Uang anda akan menjadi 3.2M, dengan asumsi return tahunan 540 juta rupiah dan return bulanan 45 juta rupiah atau 45x dari dana yang anda tabung tiap bulan.

Satu tahun lebih cepat anda berinvestasi membuat anda satu tahun lebih cepat mendapatkan lebih banyak uang yang jauh dari modal investasi anda. Itulah kenapa Warren Buffet bilang never loss your money. Bukan masalah terlalu besar anda kehilangan uang 12 juta anda tetapi menjadi masalah sangat besar anda kehilangan waktu satu tahun anda.ย Time is Not Money.

Baca juga : Teknik Investasi Ala Albert Einstein

Tapi Saya Tidak Bisa Nabung, Bagaimana Waktu Membantu Saya?

Mohon maaf, itu masalah yang harus anda hadapi. Anda mau menganut ilmu trading Jim Simmons, Bandarmology Om Ben, Investing Warren Buffet, Astrologi William D Gann atau teknik canggih apapun akan jadi percuma jika anda tidak ada dana.

Saya turut empati jika kondisi hidup anda sedemikian berat sehingga tidak bisa menabung sama sekali. Tapi jika anda masih menggunakan smartphone keluaran terbaru, Sneakers kekinian, Jam Tangan G-Shock untuk hari jumat dan Jam Tangan Seiko untuk hari senin-kamis, maka anda mungkin tidak bisa menabung karena kebanyakan gaya.

Saran saya anda coba ikuti ide dari program Saving More Tomorrow yang membuat anda menambah tabungan anda setiap kali ada peningkatan pendapatan anda.

Idenya sederhana, jika ada peningkatan pendapatan maka alokasikan dulu untuk tingkatkan tabungan anda baru sisanya silahkan jika mau tingkatkan gaya hidup anda. Kalau anda tidak mau menunda kesenangan sedini mungkin maka anda akan semakin lama merasakan hidup penuh kesenangan.

Kesimpulan

Andaikata saya bisa meminjam mesin waktu Doraemon dan bertemu dengan diri saya ketika muda. Maka saya akan jewer diri saya, lalu berikan 3 nasihat ini:

  • Jangan kebanyakan gaya. Barang branded tidak membuat orang hormatin diri kita. Isi otak kita dan values apa yang bisa kita berikan, itu yang membuat orang menghormati anda. Kalau anda tidak ada otak, tapi punya jumlah uang banyak maka anda tetap memiliki values dimata orang lain. Anda tetap akan dihormati orang lain. Itulah kejamnya hidup.
  • Jangan buang waktu. Investasi itu simple. Jika anda bukan ahli matematika seperti Jim Simmons yang karyawannya adalah profesor di bidang matematika juga maka jangan sok pintar cari teknik ajaib yang akan bisa kalahin market. Semakin anda mencari teknik fatamorgana itu, semakin anda membuang waktu anda dan parahnya lagi juga uang anda. Time is Not Money.
  • Jangan banyak hutang. Sisi paling jelek dari banyak gaya adalah membuat kita terjerat ke banyak hutang. Hutang itu kejam, jangan berhutang. Masa mau makan aja harus korek-korek uang receh ditas atau kolong kasur. Siapa tau nemu uang buat makan. Gaya banyak, duit buat beli makan ga ada.

Hidup memang harus belajar dari kesalahan. Itu yang akan membuat anda berkembang menjadi manusia lebih baik lagi. Saya sangat setuju dengan hal tersebut.

Tapi belajar dari kesalahan itu menyakitkan, saya pribadi jika boleh memilih saya tidak ingin merasakan kesalahan di masa lalu saya. Walaupun itu membuat saya menjadi manusia yang lebih baik. Tapi kesalahan tetap menyakitkan.

Itu kenapa kita harus jadi orang yang open minded, belajar dari orang yang lebih berpengalaman dari anda. Jangan hanya belajar bagaimana enaknya hidup dia saat ini. Belajarlah bagaimana dia melakukan kesalahan dan cara dia bangkit dari kesalahan yang dia buat.

Hal itu penting agar anda tidak mengulang kesalahan yang sama dengan orang tersebut dan itu menghemat waktu anda. Time is Not Money.

 

Follow me on:

What do you think?

Written by Thowilz

Saya adalah seorang value investor yang memiliki passion untuk mengajarkan teknik value investing kepada investor lainnya. Anda dapat membaca tulisan saya di stockbit (@thowilz), instagram, dan social media investorsaham.id lainnya.

Comments

Leave a Reply
  1. wows bagus banget tulisannya pak, terimakasih banyak ya artikel artikel bpak banyak membantu saya .jadi sadar saya.. kalimatnya bikin tambah peluru semangat buat saya jalan yang lurus.. ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0