Proses Menjadi Lender Saham KPEI – Part 1

adsense

Saya cukup yakin masih banyak investor yang tidak tahu apa itu KPEI. Mayoritas investor termasuk saya sendiri umumnya  hanya mengetahui KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia). KSEI adalah sebuah lembaga yang mencatat transaksi investasi kita baik itu reksadana, saham ataupun obligasi.

Sehingga kita bisa melihat rangkuman investasi kita di website KSEI. Jika anda lupa id login KSEI anda, menurut saya ada baiknya anda coba urus. Jaman dulu kita punya kartu AKSEs KSEI, tapi saat ini kartu tersebut sudah tidak berlaku lagi. Anda bisa register untuk akses website KSEI ke link https://akses.ksei.co.id/register.

Lalu apa itu KPEI? KPEI ini adalah Kliring Penjaminan Efek Indonesia. Sudah berdiri dari tahun 1995 tapi masih sangat tidak dikenal oleh investor di Indonesia, termasuk saya sendiri. Saya baru mendengar tentang KPEI ini ketika dikirimkan link live instagram ngertisaham.

Jadi mari kita bahas apa itu lender saham di KPEI, percaya saya ini menjadi hal menarik untuk anda.

Apa Itu Lender Saham?

Saya sebagai value investor memiliki waktu penyimpanan saham dalam jangka panjang, bisa sampai 3-5 tahun. Selama waktu panjang tersebut uang yang saya bisa realisasikan untuk dinikmati adalah dari dua cara, yaitu:

  • Mendapatkan capital gain jika saya menjual sebagian saham saya, itu juga kalau untung ya.
  • Mendapatkan dividen.

Tapi tidak banyak yang tahu, ada cara ketiga yang bisa didapatkan. Yaitu menjadi tukang rental saham.

Kalau tukang rental PS, artinya PS milik saya dipinjamkan ke orang lain. Orang lain menggunakan PS saya tapi PS tersebut masih milik saya dan setelah selesai digunakan dia harus membayar biaya jasa sewa kepada saya.

Tukang rental saham juga sama, saya meminjamkan saham saya kepada investor lain (biasanya trader). Saham itu tetap milik saya, dan nantinya saya mendapatkan biaya sewa. Tukan rental saham ini istilah kerennya disebut dengan LENDER.

- Advertisement -

KPEI adalah sebuah badan yang mengurus proses Pinjam Meminjam Efek (PME). Sehingga untuk bisa melakukan proses ini maka kita harus mengurus pendaftaran ke KPEI ini.

Kenapa Ada Yang Pinjam Saham?

Pertanyaan yang sama dengan yang saya pikirkan ketika saya mendengarkan live antara pihak KPEI dengan Ngertisaham. Mungkin beberapa dari kita sudah tahu bahwa di Indonesia sebenarnya bisa melakukan short sell.

Umumnya kita membeli saham dan mendapatkan keuntungan ketika harga saham naik. Tapi short sell berbeda, kita ambil posisi sell di harga yang kita eksekusi. Sehingga jika harga turun lebih jauh maka kita akan dapatkan keuntungan. Sebagai ilustrasi:

  • Ambil posisi sell di harga 1.000, ini berarti kita sudah akan memasang mengambil transaksi untuk deal menjual di harga 1.000.
  • Jika harga saham turun ke 900, maka kita akan membeli di harga 900 dan jual di harga 1.000. Inilah kenapa short sell jika harga turun malah untung.
  • Jika harga saham naik ke 1.100, maka kita harus membeli di harga 1.100 dan jual di harga 1.000. Inilah kenapa short sell jika harga naik malah rugi.

Jenis transaksi short sell ini adalah transaksi yang umum dilakukan oleh pemain forex, commodities ataupun saham di bursa luar. Tapi tidak banyak investor indonesia yang ambil transaksi short sell, karena rekening untuk bisa short sell di Indonesia adalah rekening khusus.

Sekarang sih trader yang mengambil posisi sell di harga 1.000, harga sahamnya naik dan dia tidak memiliki cukup uang untuk menutup kerugian dia. Maka dibandingkan dia harus bayar denda margin yang luar biasa itu, maka dia memiliki opsi untuk meminjam saham dari investor lain yang mau sahamnya dipinjamkan.

 

Formulir Pendaftaran Lender KPEI - IPOT
Formulir Pendaftaran Lender KPEI – IPOT

Berapa Return Yang Bisa Kita Dapatkan Dengan Menjadi Lender?

Berdasarkan dokumen pendaftaran untuk program PME KPEI ini imbal hasil nya adalah 5% per tahun. Ini berarti jika kita bagi 365 hari maka menjadi pendapatan bunga sebesar 0,013% per hari. Ini merupakan biaya bunga yang jauh lebih kecil dibandingkan si trader short sell ini terpaksa membayar bunga 0.15% per hari. Inilah kenapa ada orang yang butuh akses untuk meminjam saham dari investor lain. KPEI ini yang akan membantu mempertemukan si peminjam (borrower) dengan pihak yang meminjamkan (lender).

Semoga tulisan ini membuat anda lebih bersemangat untuk menjadi lender dibandingkan menemukan sebuah ide untuk menjadi pemain short sell. Short sell ini adalah mainan tingkat tinggi, jika anda bukan profesional berpengalaman saran saya jangan kepikiran untuk mencobanya.

Berapa Besar Biaya Lender KPEI ini?

Jujur ketika tulisan ini dibuat, saya baru kirim formulir pendaftaran sehingga saya belum ada satupun transaksi yang sudah saya lakukan. Sehingga pertanyaan berapa besar biaya lender KPEI ini saya sebenarnya belum bisa jawab.

Tapi sebagai pendengar yang baik saya membuat rangkuman di buku catatan saya ketika mendengar live instagram antara KPEI dengan Ngertisaham. Ketika itu saya mendengar bahwa potensi return yang bisa didapatkan adalah 12% per tahun. Tetapi dari dokumen yang saya dapatkan dari Indopremier Sekuritas return yang saya dapatkan adalah 5%. Ini terjadi selisih 7%. Apakah 7% ini adalah biaya komisi? jika benar maka ini terlalu kejam.

Tapi bisa jadi karena regulasi PME (pinjam meminjam efek) ini belum jelas. Ketika saya tanya ke Indopremier saya disuruh tanya lebih lanjut ke KPEI. Ketika tanya KPEI diminta menghubungi Indopremier. Dua sekuritas saya yang lain, Mirae Sekuritas masih belum bisa karena masih melakukan pembicaraan dengan KPEI. Hingga sekarang saya belum mendapatkan balasan dari Sinarmas Sekuritas terkait proses PME di KPEI ini.

Beberapa Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Tentang Lender KPEI

Apakah saham kita pasti ada peminjamnya?

Belum tentu, sama seperti beli dan jual saham. Kita mau jual belum tentu ada yang beli. Gak percaya, coba jual saham LEAD, BUMI, DEWA, BRMS dan banyak saham lainnya yang lagi susah menemukan pembelinya saat ini.

Apakah pasti dikontrak satu tahun?

Tidak, ini tergantung pihak penyewa (borrower) mau sewa berapa lama, bisa jadi cuma beberapa hari saja.

Kalau tidak setahun, bagaimana perhitungan pendapatan sewanya?

Pendapatan sewa yang kita dapatkan perhari, jadi kalau return lender 5% pertahun ini berarti 0.013% per hari. Jika pihak borrower pinjam cuma 3 hari maka kita mendapatkan return 0.068%. Perhitungan hari ini termasuk hari SABTU dan MINGGu serta HARI LIBUR BURSA.

Penghasilan ini akan diakumulasikan tiap bulan dan akan disetorkan hasilnya kepada kita selaku lender maksimal 2 minggu kemudian.

Pendapatan bunga itu dihitung dari harga kapan?

Perhitungan bunga ini dihitung perhari, jadi akan dihitung per harga penutupan setiap harinya. Jadi misalkan dipinjam 3 hari, maka:

Harga penutupan hari pertama 1.000 –> 0.013% x 1.000 x jumlah saham

Harga penutupan hari kedua 1.100 –> 0.013% x 1.100 x jumlah saham

Harga penutupan hari ketiga 900 –> 0.013% x 900 x jumlah saham

Jika lagi dipinjamkan, apakah bisa dijual?

Logikanya sih harusnya tidak bisa, maka pinjamkan saham kita yang masih lama kemungkinan jualnya (masih jauh dari target harga jual, floating loss sadis sampai ga mau dilihat, ataupun saham yang mau di hold sepanjang masa).

Jika selama masa sewa, saham itu mendapatkan dividen. Siapa yang berhak atas dividen tersebut?

- Advertisement -

Saham itu masih atas kepemilikan kita, maka kita yang akan mendapatkan dividen tersebut. Tapi kan yang nyewa megang saham kita atas namanya, itu juga betul. Makanya nanti kita akan mendapatkan yang namanya penggantian dividen, dimana besarnya harusnya sama persis dengan angka dividen yang memang berhak didapatkan. Tapi menurut saya ada kemungkinan tanggal kita dapat dividennya mungkin ada delay beberapa hari logikanya. Karena penggantian dividen artinya aliran uang masuk dulu atas nama penyewa baru berikutnya dipindahkan ke kita. Dan karena yang urus KPEI harusnya semuanya melalui si KPEI ini.

Apa risiko lain yang dihadapi pihak pemberi pinjaman (lender)?

Saya kurang mengerti logikanya kenapa ini bisa terjadi, tapi walau kecil kemungkinannya bisa terjadi penyewa gagal mengembalikan saham kita. Jika ini terjadi akan ada ganti rugi 125% dari nilai saham yang disewakan. Cuma saya bingung kenapa ini bisa terjadi dan semoga tidak terjadi kasus seperti ini kedepannya.

Saham Yang Disewakan Berarti Cuma Saham Yang Bisa Short Sell?

Secara regulasi semua saham harusnya bisa disewakan. Tetapi tampaknya jika tidak ada yang melakukan short sell terhadap saham tersebut maka tidak ada yang terpaksa sewa saham tersebut. Sehingga jika kita memasukan iklan untuk menyewakan saham yang tidak bisa dilakukan short sell, logikanya tidak ada yang akan sewa saham kita.

Dimana Saya Bisa Lihat List Saham Short Sell?

Anda bisa lihat di link https://www.idx.co.id/data-pasar/data-saham/saham-marjin/ disitu update setiap bulannya. Tapi karena saat ini bursa lagi melarang transaksi short sell setelah penurunan tajam awal tahun ini maka data saham short sell sudah tidak ada lagi untuk sementara waktu ini.

Tapi saya coba download data saham marjin di bulan januari 2020, dimana masih boleh transaksi short sell. Ternyata ada 118 saham yang bisa dilakukan short sell pada januari 2020 lalu. Banyak sekali saham perusahaan bagus disini.

Daftar Saham Short Sell IHSG Januari 2020
Daftar Saham Short Sell IHSG Januari 2020

Apakah Saya Tertarik Menjadi Lender Saham di KPEI ini?

Ya saya tertarik, ketika awal mendengar live instagram antara KPEI dan Ngertisaham ketika membahas lender saham ini. Saya langsung menghubungi KPEI dan sekuritas saya. Baru berapa bulan kemudian mendapatkan titik jelas.

Saya tentu tertarik karena ini merupakan UANG TAMBAHAN yang bisa saya dapatkan. Sembari saham bagus menghasilkan dividen dan menunggu ke nilai wajar yang makan waktu cukup panjang, saham ini bisa memberikan bunga tambahan diatas suku bunga bank. Tentu bukan pilihan yang buruk untuk dicoba. Ini akan menjadi sebuah opsi untuk menambah hasil return investasi kita. Semakin besar investasi kita menjadi semakin cepat kaya dengan mendapatkan return investasi lebih tinggi.

Baca juga : Strategi Cepat Kaya 4 – Return Investasi Lebih Tinggi

Tapi saya sendiri baru sore ini mengirimkan form pendaftaran, sehingga saya belum pernah mencicipi satu transaksi sama sekali. Oleh karena itu judul tulisan ini masih part 1, karena saya berharap ada part 2 dimana saya sudah mendapatkan transaksi realnya.

Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Pendaftaran Lender KPEI ini?

Kabar baiknya, Indopremier sekuritas sudah ada progress untuk KPEI ini. Dimana mereka sudah mengirimkan formulir pendaftaran. Sayangnya sekuritas lain saya belum tahu apakah sudah bisa proses atau belum.

Jadi silahkan hubungi customer service dari sekuritas kalian masing-masing untuk menanyakan informasi lebih lanjut perihal proses pendaftaran menjadi lender saham di KPEI ini.

 

- Advertisement -

Follow Us:

Support us:

Latest articles

Kisah Inspiratif – Menggenggam Masalah

Bayu adalah seorang anak berusia 7 tahun. Dia sedang masuk ke ruang keluarga tempat dimana ayah dan ibunya sedang bersantai. Ketika sang ibu melihat...

Belajar Investasi Saham Dari Kenneth L Fisher

Kenneth Fisher adalah orang yang mempopulerkan tentang price to  sales ratio. Kebanyakan investor berpatokan pada price to earning ratio yang membandingkan harga saham dengan...

Belajar Kategori Saham Peter Lynch Dari Kisah Hidup Mike Tyson & Memilih Cerita Yang Tepat Untuk Kategori Saham

Seperti yang banyak orang tahu, Peter Lynch membagi saham menjadi enak kategori. Sudah banyak yang membahas tentang ini. Jadi saya mencoba menjelaskan dengan cara...

Belajar Lebih Dalam Tentang Saham Cyclical

Banyak orang yang memandang saham cyclical tidak cocok menjadi instrumen investasi karena ini merupakan investasi yang berisiko. Saya setuju sekali bahwa investasi di saham cyclical...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here