Pelajaran Dari Bill Gates – Cheat Cepat Kaya

Kisah Pertemuan Bill Gates Dengan Warren Buffet

Siapa disini yang tidak tahu Bill Gates? Pendiri Microsoft dan filantropi yang luar biasa ini. Yang jika tidak menyumbangkan kekayaan hingga miliaran dollar pastilah saat ini dia tetap menjadi orang terkaya dunia mengalahkan Jeff Besoz sang pendiri Amazon.

Ada kisah menarik tentang Bill Gates yang mungkin tidak banyak orang tahu. Pada tanggal 5 juli 1991, orang tua Bill Gates dan Meg (editor washington post)mengatur pertemuan 2 tokoh besar ini untuk acara dinner. Ini adalah pertemuan pertama kali antara Warren Buffet dan Bill Gates.

Uniknya 2 orang ini sebenarnya saling tidak ingin bertemu. Warren Buffet tidak suka dengan ide pertemuan ini. begitu juga dengan Bill Gates sendiri. Mereka merasa mereka berdua adalah manusia yang berada di 2 alam berbeda. Bill Gates bukan seorang investor, Warren Buffet seorang investor yang tidak suka teknologi.

Akhirnya mereka berdua bertemu dengan perasaan saling terpaksa dan mau tidak mau mereka harus mengobrol.

Kisah Percakapan Warren Buffet Dengan Bill Gates

Warren Buffet bertanya kepada Bill Gates tentang pandangan Bill Gates terhadap bisnis komputer terutama IBM.

Akhirnya Bill Gates menjelaskan pandangannya dan dia menjelaskan sebaiknya jika mau berinvestasi ke perusahaan teknologi sebaiknya investasi di Intel dan Microsoft. Saat itu Bill Gates tidak mau menjelaskan tentang prospek IBM.

Kemudia Warren Buffet menjelaskan pandangan dia dari sudut pandang investor tentang IBM dan perusahaan lainnya yang dia investasikan. Warren Buffet menjelaskan bagaimana perusahaan yang bagus akan terus bertumbuh dalam jangka panjang.

Dari obrolan ini mata Bill Gates terbuka tentang dunia investasi. Kedua orang ini menjadi sahabat dekat hingga sekarang. Anda bisa melihat bagaimana akrabnya mereka berdua di kanal Youtube Bill Gates. Link : https://www.youtube.com/watch?v=NQWkNXr2ujI

Akhirnya setelah itu mereka sering bertemu, dan setelah beberapa pertemuan ini maka Bill Gates mulai praktek untuk berinvestasi.

Bill Gates Seorang Investor

Pada tahun 1994, Bill Gates mendirikan Cascade Investment. Sebuah perusahaan holding yang mirip dengan Berkshire nya Buffet. (Bill Gates juga invest di perusahaan Berkshire ini).

- Advertisement -

20 tahun kemudian Cascade Investment ini sudah menjadi sumber kekayaan yang lebih besar dari Microsoft itu sendiri.

Bill Gates yang terkenal sebagai pengusaha teknologi dan filantropi ini ternyata juga seorang investor.

Bahkan menurut dia seorang investor diuntungkan dengan kecilnya pajak yang diterima.

Pajak Investor vs Pajak Karyawan

Untuk lebih mengerti tentang itu, mari kita bahas pajak penghasilan.
Link : http://bit.ly/2FO2uwQ

Tarif PPh adalah sebagai berikut:

  • Penghasilan bersih <50 juta terkena pajak 5%
  • Penghasilan bersih 50-250 juta terkena pajak 15%
  • Penghasilan bersih 250-500 juta terkena pajak 25%
  • Penghasilan bersih >500 juta terkena pajak 50%
  • Penghasilan bersih = total penghasilan 1 tahun – PTKP (penghasilan tidak kena pajak)
    NB: tarif pph ini bersifat proporsional.

Mungkin teman2 yang tadi gajinya UMP terus berhasil naik lebih tinggi hingga kena rate pajak 15% akan kaget ketika melihat besaran pajak pertama kali. Ini disebabkan karena tarif pajak proporsional ini.

Simulasi Perhitungan PPh Karyawan

Anggaplah saya seorang direktur di salah satu BUMN kecil dengan gaji 100 juta perbulan.

Maka penghasilan saya adalah 1.3 miiar per tahun dengan memperhitungkan THR.
Anggap PTKP 50jt, artinya penghasilan kena pajak saya adalah 1,25 miliar rupiah.

Maka perhitungan pajak penghasilan saya adalah sebagai berikut:

  • 5% x 50 juta = 2.5 juta rupiah
  • 15% x 250 juta = 37.5 juta rupiah
  • 25% x 500 juta = 125 juta rupiah
  • 50% x 450 juta (sisa 1.25M yg belum kena pajak) = 225 juta rupiah
  • Maka total pajak 1 tahun saya adalah 390 juta rupiah.

Perhitungan Pajak Investor

Sekarang mari kita bandingkan dengan pajak investasi saham

  • jika anda mendapatkan dividen maka dividen yang anda terima akan dipotong tarif pajak 10% jika pribadi (perorangan), 15% jika badan, dan 20% jika asing
  • ika anda menjual saham maka anda dikenakan pajak 0.1% dari nilai transaksi (ini mengapa komisi beli sekuritas 0.15% dan komisi jual 0.25%). selisih 0.1% adalah tarif pajak atas penjualan saham kita. Tidak peduli anda rugi atau untung, anda harus membayar pajak anda.
  • jika penjualan anda mendapatkan untung (capital gain) maka seharusnya kita membayar pajak ke negara sebesar 0.
    Link : http://bit.ly/2QR1Ogz
  • Agar lebih clear untuk pajak capital gain ini:
    • Jika saya pendiri perusahaan XYZ dan saya peroleh capital gain dari penjualan perusahaan saya maka saya kena tarif pajak penghasilan normal.
    • Jika saya investor saham maka capital gain dari portfolio saya dikenakan tarif 0
      NB: mohon maaf ya jika ada kesalahan, karena honestly saya bukan ahli pajak.

Contoh Simulasi Perhitungan Pajak Investor

  • Anggap lah jika saya dapat dividen 1,25 miliar rupiah maka pajak yang dibebankan ke saya adalah 10% dari 1,25 miliar rupiah = 125 juta rupiah.
  • Anggaplah jika saya menjual saham dan dapat capital gain 1,25 miliar rupiah maka saya cuma kena pajak penjualan sebesar 0.1%. Ini berarti senilai dengan sekian juta rupiah tergantung dari nilai transaksi penjualan saham (0.15% lainnya adalah komisi sekuritas).

Kesimpulan

Jika anda mendapatkan gaji senilai 1,25 miliar rupiah dalam satu tahun. Maka anda akan membayar pajak lebih dari 300 juta.

Tetapi jika anda mendapatkan dividen senilai 1,25 miliar rupiah dalam satu tahun. Maka anda akan membayar pajak senilai 125 juta rupiah.

Jika anda mendapatkan capital gain sebesar 1,25 miliar rupiah dalam satu tahun. Maka anda akan membayar paajk senilai 0,1% dari total nilai penjualan anda.

Jadi tidak salah jika kebijakan pajak di Indonesia dan belahan dunia manapun menguntungkan investor (orang kaya).

Kalau begitu sungguh disayangkan jika kita tidak mau menggunakan keuntungan pajak ini untuk mepercepat kita menjadi kaya.

Sungguh disayangkan jika kita tidak mau berinvestasi di pasar saham. Karena ini benar-benar merupakan cheat untuk membuat kita menjadi lebih cepat kaya.

Jika anda mau berinvestasi saham tapi bingung bagaimana berinvestasi secara aman dan menguntungkan. Maka kalian bisa membaca postingan yang berjudul Value Investing – Teknik Mencari Saham Bagus Dan Murah.

adsense

- Advertisement -

Baca juga: Value Investing – Teknik Mencari Saham Bagus dan Murah

- Advertisement -

Follow Us:

Support us:

Latest articles

Tips Terbaik Investasi – Baru Beli Sudah Untung

"Tips investasi terbaik tersebut dirangkum dalam satu kalimat sederhana yaitu "Baru beli sudah untung" Sang pembicara mengajarkan bahwa banyak orang yang sulit membedakan antara investasi...

Rangkuman Belajar Value Investing Untuk Investor Saham Pemula

Cukup banyak pertanyaan yang masuk tentang bagaimana cara melakukan analisa laporan keuangan. Sebenarnya ini adalah topik paling awal yang saya tulis. Tetapi karena tanpa...

Tips Belajar Saham Bagi Investor Pemula – Kaitkan Dengan Uang

Pada tulisan kali ini saya ingin menulis secara ringan aja untuk sharing tips bagaimana investor pemula bisa belajar saham dengan lebih cepat. Saya harus bilang...

3 Kesalahan Yang Menyebabkan Terkena Value Trap

Ada satu pertanyaan yang menarik ke saya, yaitu bagaimana menghindari value trap? Melihat pertanyaan value trap artinya orang yang mengajukan pertanyaan ini sudah mengerti...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here