in

Investasi Haiyanto – Investor Setara Lo Kheng Hong

Haiyanto - Investor Setingkat Lo Kheng Hong
Haiyanto - Investor Setingkat Lo Kheng Hong

Siapa Itu Pak Haiyanto?

Saya rasa hampir semua investor saham Indonesia sudah sangat familiar dengan nama Lo Kheng Hong, tapi mungkin belum banyak yang mengenal sosok pak Haiyanto.

Pak Haiyanto memang jauh dari publikasi, tapi mungkin para penggemar saham TELE mengenal investor ini. Karena ketika saham tersebut mengalami penurunan tajam ketika asuransi sinar mas melepas saham tersebut pada pertengahan februari tahun 2020.

Nama pak Haiyanto tiba-tiba muncul sebagai pembeli saham TELE. Jika kita lihat di insider TELE tiba-tiba tanggal 02 Maret 2020, pak Haiyanto ini langsung memiliki kepemilikan 6.12% saham TELE. Yang saya rasa beliau beli secara bertahap di bulan Februari. Sehingga ketika kepemilikan sudah diatas 5%, barulah namanya masuk ke insider stockbit di hari pertama perdagangan bulan maret 2020.

Lalu saya iseng saja melakukan pengecekan insider pak Haiyanto, dia ada di saham mana saja, maka didapatkan data sebagai berikut:
1. $INAI – kepemilikan 10.62%
2. $KDSI – kepemilikan 5.49%
3. $RUIS – kepemilikan 27.53%
4. $TELE – kepemilikan 6.54%

NB: Ini bukan berarti beliau cuma ada di 4 saham ini saja. Bisa jadi dia ada di saham lain, tapi karena kepemilikan dibawah 5% sehingga tidak teridentifikasi kedalam menu insider.

Apakah Pak Haiyanto adalah Value Investor?

Saya coba membuat rangkuman singkat menggunakan key stats di stockbit:

  • Keempat perusahaan diatas memiliki market cap dibawah 1 Triliun rupiah.
  • Saya menemukan 1 link artikel yang berjudul inilah teman-teman Lo Kheng Hong dimana kita bisa temukan data pak Haiyanto juga. Yang sebenarnya menunjuk kepada rangkuman investor atas nama pribadi yang memiliki kepemilikan saham diatas 5%. Artikel ini dibuat pada tahun 21 Juni 2015.
  • Ternyata pak Haiyanto sudah memiliki INAI, KDSI, RUIS dan UNSP (tapi klo saya lihat di profile UNSP sudah tidak ada nama pak Haiyanto).

Bedah Portofolio Saham Pak Haiyanto

  • Berdasarkan pergerakan harga 5 tahun terakhir, baik saham INAI, KDSI, RUIS memiliki kinerja:
    • INAI –> +96.8% –> saat ini market cap 233M, ini artinya market cap 5 tahun lalu sekitar 118 miliar rupiah
    • KDSI –> +108% –> saat ini market cap 280M, ini artinya market cap 5 tahun lalu sekitar 134 miliar rupiah
    • RUIS –> -21.2% –> saat ini market cap 129M, ini artinya market cap 5 tahun lalu sekitar 163 miliar rupiah
    • UNSP –> -90% –> saat ini market cap 125M, ini artinya market cap 5 tahun lalu sekitar 1.25Triliun rupiah
  • Kalau saya lihat dari menu financial dan melihat data laporan tahun 2015, kita akan mendapatkan beberapa data ratio sederhana untuk valuasi sebagai berikut:
    • INAI 2015 –> PER 4.48 dan PBV 0.54
    • KDSI 2015 –> PER 6.74 dan PBV 0.2
    • RUIS 2015 –> PER 4.01 dan PBV 0.49
    • UNSP 2015 –> PER -1.33 dan PBV 0.2
    • TELE 2019 Q3 (data terakhir yang bisa didapatkan) –> PER 11.11 dan PBV 0.55
  • Kalau melihat karakteristik saham yang dibeli, memang terlihat pak Haiyanto ini seorang value investor. kita bisa melihat saham yang dibeli adalah saham dengan PER, PBV, bahkan dengan harga saat ini pun EV to EBIT yang masih menggoda.
Portofolio Investasi Haiyanto - Investor Setara Lo Kheng Hong
Portofolio Investasi Haiyanto – Investor Setara Lo Kheng Hong

Apa Pelajaran Yang Bisa Dipetik?

Ada 3 hal yang menarik yang saya petik dari riset ini:

  1. Toko investor kawakan seperti Lo Kheng Hong ataupun pak Haiyanto menyukai investasi di perusahaan market cap yang masih terbilang kecil tapi tetap memiliki valuasi yang murah. Mungkin kita masih ingat bagaimana Lo Kheng Hong liburan ke Cirebon di bulan Februari lalu sambil visit ke HKMU, sebuah perusahaan dengan market cap 222 miliar rupiah, PER 2.36, PBV 0.32, EV to EBIT 3.45. Sebuah karakteristik perusahaan yang kurang lebih mirip dengan perusahaan yang dikoleksi oleh pak  Haiyanto.Tapi di satu sisi pastilah mereka ada investasi di saham yang memiliki market cap besar juga,
    NB: Sampai detik ini belum ada berita akhirnya LKH mengoleksi HKMU secara resmi.
  2. Dari 4 perusahaan yang dibeli oleh Haiyanto, 3 perusahaan memiliki sejarah rajin membagi dividen (INAI, RUIS dan TELE) cuma KDSI yang jarang membagi dividen. Mungkin hanya INAI yang akhirnya bisa mengalahkan kinerja KDSI secara kumulatif 5 tahun terakhir.Tidak pernah jelek membeli perusahaan yang mendapatkan dividen. Tapi dividen bukan segalanya. Cuma kalau anda mau jadi full time investor, tentu sangat bijak jika porsi saham yang disiplin membagi dividen lebih besar dibandingkan saham yang tidak membagi dividen. Karena anda membutuhkan arus kas.
  3. Kita mengingat bagaimana EPIC COMEBACK Lo Kheng Hong di saham BUMI. Pak Haiyanto pun juga kemungkinan besar mengalami kerugian investasi di saham UNSP. Melihat dari lamanya pengalaman investasi mereka dan besarnya modal investasi mereka pantaslah kita menyebut mereka VETERAN di pasar saham. Kedua veteran di pasar saham ini pun, masih mungkin mengalami kerugian dari investasinya. Jika mereka saja bisa salah apalagi kita. Maka penting untuk diingat bahwa jangan terlalu percaya diri dengan analisa yang kita bangun sendiri apalagi analisa orang lain. Untuk itu perlu untuk melakukan diversifikasi dan alokasi aset.

Semua Investor Bisa Salah

Mungkin akan ada yang bilang Lo Kheng Hong tidak salah, dia akhirnya berhasil meraih keuntungan besar di BUMI. Tapi percayalah Lo Kheng Hong pasti juga merasakan ketegangan ketika 2012 dia membeli BUMI di harga 1000 dan sempat turun hingga menjadi 50 rupiah. Hingga akhirnya terus average down dan menjual di harga 500. (harga jual masih dibawah harga pembelian awal). sumber dari tulisan pak Lukas Setia Atmaja link : https://bit.ly/2yg4WMi

Bahkan LKH pernah bilang ke pak Lukas “Saya mendapat pelajaran yang sangat berarti dari membeli saham BUMI kali ini. Ilmu saham saya naik ke tingkat lebih tinggi, dan saya menjadi lebih hati-hati dan pintar,” kata LKH. “Pelajaran utama yang saya aapat adalah jangan membeli perusahaan yang tata kelola dan manajemen yang tidak baik.” –> tampaknya ini makna sebenarnya dari statement “manajemen BUMI saat itu masih BAIK ketika beliau ditanya di dalam salah satu event kenapa beli BUMI waktu itu.”

Jadi sehebat apapun pengetahuan dan pengalaman anda menjadi investor, anda tentu tetap bisa saja mengalami kesalahan. Tapi satu – dua kali kesalahan jika dibandingkan 8 kali keberhasilan, tentu terlalu KEJAM bilang bahwa investor tersebut teknik investasinya SALAH.

Untuk itu penting kita untuk belajar bagaimana membuat alokasi aset dan melakukan diversifikasi saham, sehingga bisa minimalisasi risiko investasi kita.

Follow me on:

What do you think?

Written by Thowilz

Saya adalah seorang value investor yang memiliki passion untuk mengajarkan teknik value investing kepada investor lainnya. Anda dapat membaca tulisan saya di stockbit (@thowilz), instagram, dan social media investorsaham.id lainnya.

Comments

Leave a Reply
  1. A fantabulous post this has been. Never seen this kind of useful post.
    I am grateful to you and expect more number of posts like these. Thank you very much

    Also visit my site : 휴게텔 (jk)

  2. hey there and thank you for your info – I’ve certainly picked up anything new from right here.
    I did however expertise several technical issues using this
    site, since I experienced to reload the website lots of times previous to I could get it to load properly.
    I had been wondering if your web host is OK?
    Not that I am complaining, but slow loading instances times
    will very frequently affect your placement in google and can damage your quality score if advertising and marketing with Adwords.
    Anyway I am adding this RSS to my email and could look out for a lot more of your respective intriguing content.
    Make sure you update this again soon. https://buszcentrum.com/priligy.htm

  3. Kami telah menyusun slant dari dalam arti luas gratis slot tanpa leave penawaran baik di saat-saat ini, benar-benar di sini. Semua bonus ditawarkan oleh reliable dan kasino trustworthy yang aman telah diuji dan diverifikasi sebagai benar-benar pergi ahli kami.

    Tanpa putaran deposit unlimited, get peluang untuk mendramatisir mewakili gratis dan mengatasi sungguh uang tanpa harus melakukan deposit. Dan jika Anda tidak tahu yang tawaran Anda dapat memilih, Anda dapat memeriksa di luar tanpa syarat dan menjadi pewaris ramah dengan beberapa yang paling umum terlebih dahulu.

    demo gates of olympus rupiah

    Setelah selesai, Anda dapat memilih no share favorit Anda dan mulai bermain slot open dengan bonus open pergi.

  4. Attractive section of content. I just stumbled upon your blog and in accession capital to
    assert that I get in fact enjoyed account your blog posts.
    Any way I will be subscribing to your feeds and even I
    achievement you access consistently fast.

  5. It additionally foresees the Chloroquine market by sort and application.
    Our analysis analysts will allow you to to get customized details for your report, which might be
    modified when it comes to a specific region, application or any statistical details.

    Chapter 9 focuses on the application of Sensible
    Footwear, by analysing the consumption and its growth charge of each
    utility. Industrial chain analysis, raw material (suppliers, price, provide and demand,
    market concentration price) and downstream buyers are analysed on this chapter.
    Chapter 4 concentrates on manufacturing evaluation, together with value construction evaluation and course of analysis, making up a comprehensive evaluation of manufacturing price.
    Pricing analysis is coated on this report in accordance to every kind,
    producer, regional analysis, price. This Chloroquine
    Market Report focus on Global and regional market, providing information on major gamers like manufacturers,
    suppliers, distributors, traders, clients, buyers and and so on., major sorts, major functions and and so on. Information sort embrace capability, production, market
    share, worth, income, cost, gross, gross margin, growth charge, consumption, import, export and and so forth.
    Trade chain, manufacturing process, value construction, advertising channel are additionally analyzed on this report.

  6. Excellent beat ! I would like to apprentice while you amend
    your web site, how can i subscribe for a blog website?

    The account aided me a acceptable deal. I had been a little bit acquainted of this your
    broadcast provided bright clear idea

  7. Good day! This is kind of off topic but I need some guidance from an established blog.
    Is it difficult to set up your own blog? I’m not very techincal but I can figure things out pretty fast.

    I’m thinking about creating my own but I’m not sure where to begin. Do you have any tips or suggestions?
    Thank you

  8. Some online pharmacies even offer discounts to clients who buy products in bulk, making
    it easy to save money for those who want to stock up on Stromectol.
    Kory denied allegations that he is making much money at all off of ivermectin. Pierre
    Kory and his recent launch of a national telemedicine practice involving off-label products such as ivermectin for early treatment of COVID-19.
    It’s true that over 20 countries have at
    one time or another adopted ivermectin as at least a provisional treatment for COVID-19.
    The report titled “The FDA-approved drug ivermectin inhibits the replication of SARS-CoV-2 in vitro” has been published online in the journal Antiviral
    Research. Used since 1980s, the drug is mainly used in creams and lotions for head lice.
    The FDA has, however, approved ivermectin’s use in both humans
    and animals to treat parasitic worms, head lice and skin conditions.
    But once the magnitude of the off-label product use became apparent back in August of 2021, an intensified information war commenced.
    Prescriptions went from about 3,000 per week to nearly 90,000 per week while a study led
    by a University of Michigan physician investigating insurance coverage of the product estimated at least $130 million in prescriptions was covered
    for the year.

  9. BETFLIK เว็บไซต์สล็อตออนไลน์ เล่นง่ายผ่านมือถือทุกระบบ 24 ชม.

    เว็บไซต์สล็อตออนไลน์ เล่นคาสิโนออนไลน์ BETFLIK เป็นเว็บไซต์ผู้ให้บริการหลักของเว็บสล็อตออนไลน์ชั้นแนวหน้าระดับประเทศ รวมรวมเว็บไซต์สล็อตทั้งยังไทยรวมทั้งเทศ
    มาไว้ที่เดียว ทุกเว็บไซต์ประกันด้วยระบบพนันระดับมาตรฐานสากล
    ดีไซน์ระบบให้เข้าใจง่าย ใช้งานได้ทุกเพศทุกวัย รองรับการเล่นทั้งยังเล่นผ่านคอมพิวเตอร์ แล้วก็โทรศัพท์เคลื่อนที่ทุกระบบ สามารถโหลดแอฟมาลงไว้เพื่อเล่นได้ในโทรศัพท์มือถือทั้งยัง IOS รวมทั้ง Android
    ต้องการเล่นเกมส์ ยิงปลา เกมส์แข่งม้า เกมส์สล็อต เกมส์คาสิโน และเกมส์ต่างๆมีให้เลือกกว่า 100 เกมส์ ถ้าท่านมีข้อสงสัยหรืออยากคำชี้แนะโปรดสอบถาม CALL CENTER ได้ตลอด 1 วัน.
    หรือ ทักแชทไลน์มาได้เลย BETFLIK พร้อมเปิดให้บริการทุกๆวัน

    Betflik หรือ เบทฟิก คือเว็บพนันออนไลน์ที่ยอดเยี่ยม
    และก็เป็นเว็บสล็อตออนไลน์ที่กำลังเดินทางมาแรงตอนนี้ Betflix
    ไม่ใช่แค่ให้บริการเพียงแค่ สล็อตออนไลน์ แม้กระนั้น ยังมี คาสิโนออนไลน์
    ยิงปลา เกมส์ออนไลน์
    รวมทั้งอีกเพียบเลย ข้างในเว็บไซต์ เป็นเว็บที่ครบถ้วนบริบูรณ์เรื่องเดิมพันออนไลน์ Betflik68 ได้ทำเว็บไซต์มากแล้วให้นำสมัยต่อการเดิมพันของสมาชิกทุกๆท่าน

    Betflikfan.com คือเว็บในเครือของ Betflik เบทฟิก789 เป็นเว็บ เบทฟิกที่ยอดเยี่ยมในเครือนี้ ได้มีการอัพเวอร์ชั่น
    อัพเดทเว็บให้ล้ำสมัยกว่าเว็บไซต์ BETFLIK24 หรือ Betflik888
    ดังนี้ พวกเรา BETFLIKFAN.COM พร้อมให้บริการสมาชิกเก่ารวมทั้งสมาชิกใหม่ทุกๆท่าน รวมทั้งยังสมารถยนต์ทดลองเล่นกับ
    betflik เครดิตฟรี อีกด้วย BETFLIX24 ยินดีให้บริการตลอด 24 ชั่วโมง

60 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

  3. Pingback:

  4. Pingback:

  5. Pingback:

  6. Pingback:

  7. Pingback:

  8. Pingback:

  9. Pingback:

  10. Pingback:

  11. Pingback:

  12. Pingback:

  13. Pingback:

  14. Pingback:

  15. Pingback:

  16. Pingback:

  17. Pingback:

  18. Pingback:

  19. Pingback:

  20. Pingback:

  21. Pingback:

  22. Pingback:

  23. Pingback:

  24. Pingback:

  25. Pingback:

  26. Pingback:

  27. Pingback:

  28. Pingback:

  29. Pingback:

  30. Pingback:

  31. Pingback:

  32. Pingback:

  33. Pingback:

  34. Pingback:

  35. Pingback:

  36. Pingback:

  37. Pingback:

  38. Pingback:

  39. Pingback:

  40. Pingback:

  41. Pingback:

  42. Pingback:

  43. Pingback:

  44. Pingback:

  45. Pingback:

  46. Pingback:

  47. Pingback:

  48. Pingback:

  49. Pingback:

  50. Pingback:

  51. Pingback:

  52. Pingback:

  53. Pingback:

  54. Pingback:

  55. Pingback:

  56. Pingback:

  57. Pingback:

  58. Pingback:

  59. Pingback:

  60. Pingback:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0